Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pengurus Provinsi ( pengprov) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia ( IKASI) Kalimantan Timur menargetkan dua medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar 1-7 November 2018 di Jakarta.

Ketua Pengprov Ikasi Kaltim, Muslimin kepada awak media di Samarinda, Selasa, mengatakan target medali emas dibebankan kepada dua mantan timnas Asian Games 2018 yakni Gabby Novitha dan Anis Rohadatul.

" Kami berharap Gabby dan Anis tampil maksimal dan bisa merebut gelar juara,  pengalaman tampil di Asian Games 2018 bisa menjadi modal berharga bagi keduanya menjadi juara ," ungkap Muslimin.

Ia mengatakan pada kejurnas tersebut Kaltim menurunkan 48 atlet termasuk diantaranya merupakam 12 atlet senior.

Muslimin menjelaskan atlet yang dipersipkan mengikuti kejurnas tersebut merupakan atlet terbaik untuk semua nomor yaitu Sabel, Degen, dan Floret baik perorangan maupun beregu.

Menurut Muslimin tim anggar Kaltim telah dipilih melalui proses seleksi dan sempat menjalani pemusatan latihan selama dua Minggu di Samarinda. Tim Anggar Kaltim akan bertolak ke Jakarta pada Rabu (31/10/2018).

"Kami ikuti kategori tunggal dan beregu di masing-masing nomor tanding. Hampir 70 persen yang kami bawa adalah atlet baru. Artinya kemampuan mereka belum terbaca lawan. Mereka juga bisa memberi kejutan. Semoga mereka petik pengalaman berharga Kejurnas nanti," ucap Muslimin.

Selain itu, Ikasi Kaltim juga menjadikan ajang Kejurnas ini sebagai persiapan menuju Pra-PON 2018 dan PON 2020.

 Apalagi isu yang berkembang saat ini, cabor anggar akan memberlakukan batadan usia atlet di PON 2020 Papua mendatang.

"Harapannya ajang Kejurnas ini jadi bahan persiapan plus antisipasi kita jika setelah Munas Ikasi di Bali nanti ada penetapan batasan usia di PON 2020. Jadi kita lebih siap, tinggal dimatangkan lagi," tegasnya. (*)


 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018