Penajam (Antaranews Kaltim) - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai dibuka pada 19 September 2018, kata Asisten III Bidang Admnistrasi Umum dan Keuangan Sekretariat Kabupaten Alimuddin.

"Bagi yang ingin mendaftar CPNS harus secara online (dalam jaringan) melalui sscn.bkn.go.id, portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN)," jelas Alimuddin ketika ditemui Antara di Penajam, Selasa.

Sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 dilakukan secera terintegrasi melalui portal nasional melalui sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Selanjutnya proses seleksi akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kabupaten Penajam Paser Utara, mendapatkan sebanyak 160 formasi untuk penerimaan CPNS pada 2018 dari pemerintah pusat. Formasi itu terdiri dari 107 formasi tenaga pendidik, 27 tenaga kesehatan dan 26 formasi untuk tenaga teknis.

Untuk jalur khusus mahasiswa lulusan dengan predikat cumlaude ditetapkan sekitar 2 persen dari jumlah kuota formasi CPNS 2018. Cumlaude merupakan penghargaan terhadap mahasiswa yang lulus dengan IPK (indeks prestasi kelulusan) di atas 3,5, tidak pernah mengulang satu mata kuliah serta wisuda tepat waktu.

"Sementara untuk penerimaan CPNS penyandang disabilitas ditentukan sekisar 1 persen dari jumlah formasi," ujar Alimuddin.

Sedangkan untuk formasi khusus tambahan honorer kategori dua (K2) di Kabupaten Penajam Paser Utara ditiadakan.

"Jalur K2 terkendala batasan usia maksimal 35 tahun serta status pendidikan strata satu (S1) 2013. K2 yang tersisa sekitar 90 orang yang usianya di atas 35 tahun," tambah Alimuddin. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018