Samarinda (Antaranews Kaltim) - Dinas Pariwisata Kota Samarinda kembali menggelar  ‘Kemilau sarung Samarinda’ sebuah kegiatan fesyen yang menampilkan karya-karya kreatif busana dengan bahan  bermotif  sarung  Samarinda dari para disainer  asal Kota Samarinda.

"Kegiatan Kemilau Sarung Samarinda sudah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata Kota Samarinda," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Muhammad Faisal di Samarinda, Jum’at.

Ia mengatakan  tahun ini akan menampilkan karya busana dari 12 disainer dari Kota Samarinda , yakni ada  sekitar 70 busana  bermotif sarung samarinda   terbaru  yang akan ditampilkan,  busana daily untuk ramaja dan dewasa . Jika ada yang berminat  terhadap  busana yang ditampilkan, maka bisa langsung dibeli.

Selain itu juga  tetap  akan menampilkan busana-busana   untuk  kerja  pegawai negeri maupun  swasta  dengan  rancangan disainer terbaru   yang  bermotifkan Sarung Samarinda.

Faisal mengungkapkan bahwa  kegiatan Kemilau Sarung  Samarinda   tahun ini juga akan diperagakan  koleksi busana Sarung Samarinda milik Ibu Hj. Puji Setyowati  sebagai  Ketua  Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Kota Samarida yang juga Isteri Walikota Samarinda, Syaharie Jaang.

Diakuinya bahwa pelaksanaan Kemilau Sarung Samarinda tahun ini dengan anggaran  terbatas tetapi tetap digelar karena sudah menjadi agenda tahunan,  selain itu juga  sebagai ajang promosi  dan memasyarakatkan kain motif Sarung Samarinda.

 "Acara Kemilau Sarung Samarinda  dilaksanakan  Sabtu , 22 September 2018 di Atrium Big Mall Samarinda," katanya.

Sementara itu Ketua  Dekranasda Kota Samarinda  Puji Setyowati    mengatakan  Dekranasda Samarinda  sangat mendukung kegiatan Kemilau Sarung Samarinda yang digagas Dinas Pariwisata Kota Samarinda.

"Kami cukup senang dan bangga  bisa  mendukung dan bekerjasama  pada pagelaran Kemilau Sarung Samarinda, karena memiliki multiplayer effect," katanya.

Lanjut  Puji Setyowati   multiplayer effect  yang didapat  di antaranya    mendorong  produktivitas para pengrajin sarung,  memfasilitasi para disainer, pembinaan para model Kota Samarinda dan mensosialisasikan ragam busana  berbahan sarung Samarinda kepada masyarakat. (*)

 

Pewarta: -

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018