Samarinda (Antaranews Kaltim) - PT Pupuk Kaltim memborong penghargaan Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2018 pada ajang yang digelar Corporate Forum for Community Development (CFCD) di Hotel JS Luwansa di Jakarta, Kamis (6/9).

Pada ajang tersebut, Pupuk Kaltim memperoleh penghargaan tertinggi pada predikat Gold Grand Program yang diserahkan Kepala Badan Standardisasi Nasional Prof Bambang Prasetya dan diterima Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo.

Dari keterangan tertulis yang diterima di Samarinda, Senin, penghargaan lain yang diterima Pupuk Kaltim adalah satu predikat platium, lima predikat gold dan tiga predikat silver pada program perusahaan.

Sedangkan pada kategori perorangan, Pupuk Kaltim melalui mitranya meraih predikat terbaik kedua yang diberikan kepada Anggi V Goenadi selaku Kepala Inkubator Bisnis Permata Bunda dan Rahmawati selaku Ketua Kelompok Mekarsari.

ISDA 2018 diberikan kepada perusahaan-perusahaan atau lembaga nonpemerintah yang dinilai berperan dalam mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui aktivitas-aktivitas dalam pemenuhan tanggung jawab sosial organisasi sesuai pedoman yang dituangkan dalam SNI ISO 26000:2013.

Ada dua kategori pada ISDA 2018, yakni perorangan/pelaku CSR/community development/sustainable development dan program yang dilakukan perusahaan dalam upaya kontribusinya pada tujuan pembangunan berkelanjutan.

Program-program CSR yang diikutsertakan merupakan program yang telah berjalan tiga tahun terakhir, termasuk tahun berjalan saat ini. Pupuk Kaltim telah mengikuti hampir seluruh kategori program yang dinominasikan dan termasuk salah satu perusahaan yang telah mengikuti program community development terbanyak.

Baca juga: Pupuk Kaltim raih The Best IGA 2018
Baca juga: Pupuk Kaltim Raih Properda Emas

Beberapa tujuan program yang dinominasikan adalah menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar melalui program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan, menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk melalui program Pupuk Kaltim Peduli Kesehatan.

Selain itu, meningkatkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta memberikan pekerjaan yang layak untuk anak-anak berkebutuhan khusus menjadi anak-anak berbakat khusus melalui program Inkubator Bisnis Permata Bunda.

Tujuan lainhya adalah menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan melalui program mitra sukses, menjadikan permukiman yang aman, tangguh melalui program pengolahan sampah berbasis masyarakat oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBe) Mekarsari, serta melestarikan dan memanfaatkan secara berkelanjutan sumber daya kelautan melalui program pemberdayaan masyarakat pesisir, seperti (better living in Malahing, keramba jaring apung kerapu dan lobster, konservasi & diversifikasi mangrove, dan budidaya kepiting serta terumbu buatan).

"Kegiatan ISDA 2018 merupakan tolok ukur dari pelaksanaan program-program community development Pupuk Kaltim yang telah diakui dan bahkan diapresiasi di tingkat nasional dengan diraihnya penghargaan pada ajang tersebut. Pupuk Kaltim salah satu perusahaan yang sangat berkomitmen untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan peduli pada lingkungan melalui program CSR untuk mewujudkan Sustainability Development Goals (SDG's)," jelas Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo.

Ia menambahkan, parameter yang diberlakukan untuk menilai kategori program yang diusulkan meliputi dasar pertimbangan program, rencana strategis, fasilitas yang diberikan, standar Operasi prosedur, penerima manfaat, perencanaan sampai dengan dampak dari program CSR berkelanjutan.

Sedangkan untuk parameter penilaian kategori tingkat pelaku mitra diharapkan mitra tersebut bisa memberikan efek positif bagi masyarakat dan pelaku usaha lainnya. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018