Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kalimantan Timur XV tahun 2018 pada September mendatang.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang di Samarinda, Senin, mengatakan bahwa panitia telah bekerja maksimal sejak beberapa bulan terakhir untuk menyukseskan pesta olahraga tingkat pelajar se-Kaltim tersebut.

Ia berharap Kota Samarinda bisa mewujudkan tri sukses dalam penyelenggaraan Popprov 2018, yakni sukses prestasi, penyelenggaraan dan juga ekonomi kerakyatan.

"Layani para atlet yang juga pelajar seperti anak-anak kita sendiri. Harapan saya, kita bisa terus memotivasi anak-anak kita sebagai pengganti kita di masa depan. Kalau bahasa baharinya, tunas-tunas harapan bangsa, bahasa sekarang generasi milenium," papar Jaang yang juga sebagai Ketua Umum PB Popprov Kaltim.

Ia menambahkan bahwa dana pelaksanaan yang bersumber dari APBD Kota Samarinda dan Bantuan Keuangan Pemprov Kaltim harus benar benar dikelola dengan benar dan tepat sasaran.

"Bicara anggaran, kita juga harus teliti dan sesuai koridor. Alhamdulillah, kita juga didampingi tenaga dari Inspektorat," tutur Jaang.

Ia juga berpesan kepada panitia agar memobilisasi pelajar untuk memeriahkan acara pembukaan dan penutup Popprov Kaltim.

"Begitu juga saat pertandingan, dimobilisasi juga agar pelajar menonton teman-temannya bertanding. Ini akan memberikan motivasi bagi atlet yang bertanding," tambah Jaang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Samarinda Ibnu Araby menambahkan, Popprov Kaltim yang diikuti 10 kabupaten/kota dan mempertandingan 19 cabang olahraga digelar pada 9-16 September 2018, dengan lokasi pertandingan tersebar di Stadion Madya Sempaja, GOR Segiri, Polder Air Hitam, dan Stadion Palaran.

"Panitia sudah bekerja mulai Maret. Persiapan terus kita lakukan dan Agustus sudah bisa mencapai di atas 90 persen. Selain harus berusaha sukses sebagai tuan rumah, juga harus sukses prestasi. Apalagi di Popprov ini, atlet yang juga pelajar ditangani Dispora, bukan Dinas Pendidikan," bebernya.

Ia mengatakan pembukaan Popprov juga akan dirangkai dengan upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

"Di pesta olahraga pelajar Kaltim ini, kita hadirkan grup band kebanggaan Kaltim, Zerosix Park," kata Ibnu. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018