Samarinda (Antaranews Kaltim) - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Isran Noor-Hadi Mulyadi menang telak dalam perolehan suara di Kota Samarinda pada Pemilihan Kepala Daerah Kalimantan Timur 2018, berdasarkan penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum setempat.

Para Rapat Pleno KPU Kota Samarinda dengan agenda Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2018 di Ballroom Hotel Bumi Senyiur, pasangan Isran-Hadi mendominasi dalam pengumpulan suara di ibu kota Provinsi Kalimantan Timur.

Tercatat dari sepuluh kecamatan yang ada di kota Samarinda, cagub-cawagub nomor urut 3 itu unggul suara di sembilan kecamatan.

Jumlah suara cagub-cawagub yang diusung koalisi Partai Gerindra, PKS dan PAN itu hanya kalah di Kecamatan Palaran yang dikuasai pasangan Rusmadi-Safaruddin dengan memperoleh suara 6.088, sedangkan Isran-Hadi sebanyak 5.387 suara.

Secara keseluruhan, pasangan Isran-Hadi menempati urutan pertama dengan perolehan suara 113.372 suara.

Pencapaian suara pasangan nomor urut 3 ini jauh melampaui perolehan suara Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang yang juga maju sebagai calon gubernur.

Syaharie Jaang yang berpasangan dengan mantan anggota DPR RI Awang Ferdian Hidayat harus puas menempati peringkat kedua dengan perolehan 81.714 suara.

Untuk peringkat ketiga ditempati oleh pasangan nomor urut 4 Rusmadi-Safaruddin dengan 73.746 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi di posisi buncit dengan meraih 43.575 suara.

Berdasarkan data resmi KPU Kota Samarinda, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Kaltim 2018 sebanyak 549.626 orang, sedangkan partisipasi pemilih berjumlah 324.976?atau 59,1 persen.

"Untuk surat suara sah berjumlah 312.434 dan yang tidak sah sebanyak 12.542 atau 3,9 persen," kata Ketua KPU Samarinda Ramond Dearnov Saragih.

Ia bersyukur rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara berjalan lancar dan selanjutnya akan membawa hasil penetapan tersebut ke KPU Provinsi Kaltim untuk diplenokan bersama hasil rekapitulasi suara dari sembilan kabupaten/kota lainnya pada 8 Juli. (*)
Baca juga: KPU Paser rampungkan rekapitulasi, pasangan Isran-Hadi teratas
Baca juga: Hitung KPU: Isran-Hadi berjaya di lima daerah
Baca juga: KPU Kaltim belum putuskan lokasi pleno penghitungan suara

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018