Samarinda (Antaranews Kaltim) - Subsidi ongkos angkut untuk transportasi sungai menggunakan speedboat, salah satu kegiatan untuk membantu masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, dalam waktu dekat segera diterapkan.

"SOA (subsidi ongkos angkut) bagi masyarakat Mahulu merupakan wujud dari salah satu kegiatan yang terdapat dalam program Gerbangmas, sehingga melalui subsidi ini penumpang speedboat yang kurang mampu bisa terbantu," ujar Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh di Ujoh Bilang, Rabu.

Ia juga mengatakan bahwa pemberian subsidi ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Mahulu untuk mewujudkan program yang sudah dibuat dengan harapan dapat menyentuh langsung ke masyarakat.

Sedangkan dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait hak memperoleh SOA, termasuk pelaksanaan sampai kategori masyarakat golongan tertentu yang layak memperoleh subsidi, Pemkab Mahulu telah beberapa kali menggelar sosialisasi.

Sosialisasi yang telah dilakukan di antaranya beberapa hari lalu di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari yang digelar Dinas Perhubungan dengan nama kegiatan Sosialisasi Penyediaan SOA bagi masyarakat tidak mampu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bonifasius secara langsung membagikan kartu layanan speedboad gratis kepada masyarakat yang memiliki katagori memperoleh subsidi 100 persen.

"SOA sudah dilaksanakan sejak tahun sebelumnya dan mendapatkan respon positif dari masyarakat, makanya tahun ini kembali dilaksanakan tahapan sosialisasi dan segera dilaksanakan dalam waktu dekat," ucap Boni.

Ia juga minta maaf kapada seluruh masyarakat Mahulu karena seharusnya SOA sudah berjalan sejak awal tahun, namun terjadi keterlambatan pelaksanaannya karena ada hal-hal yang perlu disempurnakan.

Penyempurnaan ini juga sebagai evaluasi dan pembelajaran dari tahun sebelumnya, sehingga diharapkan tahun ini dan tahun berikutnya tidak terdapat kekurangan lagi, bahkan diharapkan paling lambat pada Februari 2019 sudah bisa dilaksanakan.

"SOA merupakan salah satu bukti nyata dari program Gerbangmas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga warga memperoleh manfaat yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018