Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Kepala Kantor Seksi Logistik (Kansilog)  Kabupaten Paser, Rendy Hidayat mengatakan Bulog  telah menyediakan sebanyak lima ton daging sapi  dalam rangka menghadapi bulan suci  Ramadhan 1439 H untuk menjaga stabilitas harga daging .

"Biasanya menjelang dan memasuki bulan Ramadhan akan terjadi peningkatan permintaan, sehingga perlu diantisipasi agar ketersediaan daging tetap stabil," katanya  usai melakukan sidak  bersama tim Pemkab Paser di Pasar Senaken, Senin (7/5).

Ia mengatakan, selain stok daging, komoditas lain yang nantinya juga akan dijual melalui operasi pasar saat bulan Ramadhan seperti beras, minyak, gula, dan terigu. Operasi pasar di lakukan dibeberapa tempat untuk memenuhi kebutahan masyarakat.

Tujuan dari operasi pasar adalah untuk menjaga ketersediaan barang kebutuhan pokok sehingga tidak terjadi kelangkaan sehingga memicu kenaikan harga. "Jika permintaan meningkat, persedian barang terbatas (kelangkaan) maka hal itu memicu terjadi kenaikan harga," katanya.

Rendy menjelaskan untuk harga beras, Bulog membanderol harga Rp9.050 per kilogramnya, minyak goreng dengan harga Rp13.000 per liter, gula  pasir Rp12.000 per kilogram dan tepung terigu Rp8.000 per kilogram.

Rendy mnambahkan, dalam menggelar operasi pasar, Bulog akan berkoordinasi dengan Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Paser.

"TPID  terus melakukan memantau harga kebutuhan pokok, jika ditemukan gejala kelangkaan maka segera dilakukan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga,” ujar Rendy.(*/kominfo Paser)

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018