Pamekasan (Antaranews) - Pelatih Madura United FC Mario Gomes de Olivera akhirnya mengundurkan diri, setelah klub sepak bola berjuluk "Laskar Sape Kerap" itu didera kelalahan empat kali pertandingan berturut-turun dalam dua kompetisi berbeda, yakni di Piala Presiden 2018 dan Piala Gubernur Kaltim.

Pengunduran diri pelatih asal Brazil ini disampaikan menjelang pertandingan terakhir turnamen Piala Gubernur Kaltim 2018 melawan Persiba Balikpapan.

"'Coach' Gomes sebelum pertemuan tadi sudah bertemu saya dan menyatakan bahwa dalam sepak bola itu ada risiko. Dan risiko yang paling nyata adalah prestasi," ujar Manajer Madura United FC Haruna Soemitro dalam keterangan persnya kepada Antara per telepon, Rabu sore.

Dengan empat kekalahan beruntun yang dialami Madura United FC selama ini, sambung Haruna, membuktikan bahwa Gomes memiliki rasa tanggung jawab.

"Dengan kebesaran hati dari coach Gomes, ia menyerahkan amanat yang manajemen berikan, untuk mengambil alih tanggng jawab tim ini, sampai mendapatkan pelatih baru," kata Haruna.

"Jadi, hari ini, dia tidak mendampingi tim di bangku pemain dan mudah-mudah ini menjadi pertandingan terakhir dan persembahan terakhir bagi coach Gomes pada pertandingan hari ini," tambahnya.

Saat berpamitan kepada manajemen dan pemain, Gomes sempat mengajukan permintaan kepada pemain agar memenangkan pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim melawan Persiba Balikpapan.

Pada dua laga sebelumnya, Madura United menelan kekalahan, masing-masing dari Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC, sehingga gagal mencapai babak semifinal seperti yang ditargetkan manajemen.

Gomes de Oliviera menjadi pelatih Madura United FC sejak 2016, saat klub sepak bola yang kini menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Garam, Madura, itu, baru diakuisisi oleh Presiden Klub Achsanul Qosasi dari Persipasi Bandung Raya (PBR).

Pelatih kelahiran 1 Desember 1962 mulai menjadi pelatih Madura United FC di Indonesia Soccer Championship (ISC) grup A. (*)
Baca juga: Piala Gubernur: Fabiano terpeleset, Madura United pun terpelanting
Baca juga: Piala Gubernur: Sriwijaya FC pastikan tiket semifinal
Baca juga: Piala Gubernur: Gomes evaluasi permainan Madura United

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018