Sangata (ANTARA News Kaltim)  - Kontingen Gerak Jalan Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur memastikan akan kembali mengikuti lomba gerak jalan tradisional Jakarta-Bogor bulan Desember 2011 mendatang.

"Selain memastikan keikutsertaan, Kutai Timur juga bertekad akan mempertahankan gelar juara yang diraih tahun 2010 lalu," kata Ketua Persatuan Gerak jalan Kutai Timur, Noorbaiti Isran, Senin

Menurut Norbaiti Isran, prestasi Kutai Timur diajang lomba jalan tradisional di tingkat nasional sangat membanggakan, dan itu akan terus kita jaga dan pertahankan

"Sudah tahun Kutai Timur meraih juara umum lomba gerak jalan tradisional Jakarta-Bogor, dan itu akan kita pertahankan berturut-turut tiga kali," katanya.

Mempertahankan itu lebih berat daripada memperolehnya, oleh karena itu persiapan harus dilakukan sejak jauh hari supaya atlet mampu tampil saat lomba.

"Salah satu trik kita untuk mempertahankan gelar juara umum adalah dengan mencari atlet melalui lomba. Kita akan menggelar lomba jalan tradisional untuk mencari atlit berbakat yang nantinya akan digodok secara ketat sebelum mengikuti lomba Jakarta-Bogor," kata Noorbaiti, saat memimpin rapat persiapan lomba jalan tradisional di Sangata, Rabu (19/10).

Dikatakan dia, lomba gerak jalan tradisional ini sengaja digulirkan sebagai ajang untuk menyeleksi atau menjaring atlet andal yang akan diutus mewakili Kutai Timur Desember 2011 mendatang. Selain itu kata dia, dalam rangka memperingati HUT Kutai Timur Ke-12 , pada tanggal 12 Oktober 2011.

"Budiman salah satu panitia lomba mengatakan, jarak tempuh lomba gerak jalan sejauh  30 kilometer. Rutenya, diawali dari halaman kantor Kecamatan Sangata Utara, Jalan APT Pranoto, lapangan Garuda hingga ke kilometer I patung burung, Sangatta Selatan.

Kemudian dari patung burung peserta lomba gerak jalan melintasi jalan lintas Kaltim  hingga Jalan Yos Sudarso hingga finish di Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi
   Untuk kegiatan ini panitia menyiapkan hadiah utama dua unit sepeda motor dan hadiah menarik lainnya.

Hadiah uang pembinaan masing-masing juara I perorangan Rp 2,5 juta, juara II perorangan Rp 2 juta dan juara III perorangan Rp 1,5 juta. Kemudian beregu, juara I Rp 3 juta, juara II Rp 2,5 juta dan juara III Rp 1,5 juta.(*)

   

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011