Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pesilat Kalimantan Timur Alamsyah bertekad bisa lolos dari seleksi nasional pembentukan tim pencak silat Indonesia untuk menghadapi Asian Games 2018.

"Saat ini saya sudah di Jakarta dan akan mengikuti latihan bersama dengan peserta seleknas selama lima hari. Setelah itu, tanggal 17 November seleknas dimulai untuk mencari tim inti. Doakan saja semoga saya berhasil membanggakan nama Kaltim," kata Alamsyah ketika dihubungi dari Samarinda, Minggu.

Alamsyah memiliki keinginan kuat untuk bisa berseragam "Merah Putih", mengingat dia pernah gagal masuk timnas saat mengikuti seleknas SEA Games 2017.

Selain itu, sudah ada satu pesilat Kaltim yakni Iqbal Chandra yang sudah masuk dalam tim inti pencak silat Asian Games.

Menurut ia, kegagalannya menembus timnas SEA Games 2017 di kelas 45-50 kg menjadi cambuk untuk tampil maksimal pada saat seleknas mendatang.

"Kesempatan kedua ini tidak akan saya sia-siakan, apalagi kali ini dengan level yang lebih tinggi yaitu Asian Games," ujarnya.

Menjelang keberangkatan ke Jakarta beberapa waktu lalu, Alamsyah rutin berlatih fisik dan teknik di gedung pencak silat Polder Air Hitam Samarinda bersama Perguruan Pencak Silat Tapak Sakti.

Dengan segala persiapan itu, Alamsyah menyatakan bahwa persiapannya jauh lebih baik, terutama dari sisi mental tanding.

"Hikmahnya kemarin itu ya pengalaman dan jam terbang, terutama mental yang terus saya tingkatkan. Saya harus bisa membuktikan, karena ini kesempatan kedua dan turun di kelas yang berbeda dari sebelumnya. Sekarang saya masuk di kelas 50-55 kilogram," tambahnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017