Penajam (ANTARA Kaltim) - Sedikitnya 200 warga Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapat pengobatan gratis dari Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Aji Putri Botung, Sabtu.

Pengobatan gratis itu merupakan kegiatan bakti sosial rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam memperingati hari jadinya yang ke-10.

"Desa Babulu Laut terpilih sebagai lokasi pelaksanaan pengobatan gratis berdasarkan hasil survei," jelas Direktur RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara Jense Grace Makisurat di sela kegiatan tersebut.

Kegiatan pengobatan gratis itu disambut antusias ratusan warga Desa Babulu Laut yang ingin memeriksakan kesehatannya.

"Jumlah warga yang mendaftar pengobatan gratis melebihi kuota yang ditetapkan panitia sebanyak 100 peserta," ujar Grace.

Membludaknya warga yang mengikuti pengobatan gratis itu membuat petugas medis RSUD kewalahan, bahkan sampai membeli obat-obatan di apotek umum untuk tambahan persediaan.

Warga Desa Babulu Laut yang mendapat pengobatan, selain memperoleh obat-obatan sesuai penyakit yang diderita, juga mendapat vitamin sebagai suplemen.

"Mereka pada umumnya datang karena penyakit ringan, seperti flu, pengobatan lanjutan, dan luka-luka," tambah Grace.

Tidak hanya melakukan pengecekan dan pengobatan, RSUD Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara juga menggelar sunatan massal, pemasangan alat kontrasepsi mantap, pemeriksaan gigi dan mulut, serta cek darah gratis.

"Kami sangat senang dan terbantu, karena selama ini kami harus menempuh jarak sejauh 7 kilometer untuk melakukan pengecekan dan pengobatan di Puskesmas Kecamatan Babulu," ujar Aluh, warga Desa Babulu Laut.

Pengecekan dan pengobatan gratis yang digelar RSUD Ratu Aji Putri Botung tersebut bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia, Ikatan Dokter Gigi Indonesia, dan Ikatan Bidan Indonesia. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017