Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dijadwalkan mencanangkan Tentara Manunggal  Masuk Desa (TMMD) ke-87 di Kampung Linggang Amer Kecamatan Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Pencanangan TMMD ke-87 akan dilakukan KSAD di Kubar Senin (10/10), beliau akan didampingi beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu," ujar Panglima Daerah Militer (Pangdam)  VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tan Aspan di Samarinda.

Untuk upacara pembukaan TMMD ke-87 dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI Angkatan Darat diikuti 61 Kabupaten dari 12 Provinsi di Indonesia, diawali pemaparan komandan satuan tugas TMMD ke-87.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, KSAD  beserta sejumlah menteri dan pejabat akan meninjau lokasi TMMD berupa rehabilitasi SDN 007 Lingang Amer, meninjau kios pameran dinas instansi terkait, pengobatan massal dan khitanan massal bagi masyarakat di Kutai Barat.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan dan TNI Angkatan Darat akan melaksanakan kegiatan penghijauan, yakni dengan penanaman pohon berbagai jenis di lokasi Linggang Amer.

Menurut dia, kegiatan TMMD ini sangat strategis, terutama dalam menggalang kebersamaan dengan pemerintah daerah dan masyarakat, sekaligus merupakan bentuk dukungan dalam pelaksanaan pembangunan bagi pemerintah daerah.

Setiap tahun, lanjut dia, TNI khususnya wilayah Kodam VI Mulawarman selalu melaksanakan kegiatan TMMD walaupun skala kecil. Namun kegiatan ini sangat mendukung bagi peningkatan kondisi daerah maupun kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan TMMD difokuskan pada peningkatan sarana dan prasarana masyarakat di kawasan pedesaan, bahkan pedalaman dan daerah terpencil, baik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur desa maupun jalan-jalan di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) VI Mulawarman Kolonel Kav Prantara mengatakan, selain membuka resmi kegiatan TMMD ke-87, KSAD akan meresmikan ruang medical check up Rumah Sakit dr Hardjanto, kemudian  mengunjungi wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Dalam kunjungan KSAD tersebut, ada beberapa Menteri yang menyertainya, di antaranya Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Pertanian, Menteri Kehutanan, serta Menteri Pemuda dan Olahraga. (*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011