Samarinda (ANTARA Kaltim) - Antusias masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan ajang tahunan Festival Mahakam 2017 yang digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada 3-5 November, cukup tinggi dan hal itu terlihat dari daftar peserta yang ambil bagian.

"Peserta Parade dan Upacara Hudoq Kawit sudah melampaui 1.000 orang sesuai targetnya, kemudian untuk Parade Ragam Bela Diri Pencak Silat sudah terdaftar sebanyak 16 perguruan silat dengan jumlah peserta lebih dari 1.000 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisal di Samarinda, Senin malam. 

Bahkan untuk Parade Drum Band, tambah Faisal yang juga Ketua Panitia Pelaksana Festival Mahakam 2017, hingga kini sudah ada sebanyak 20 grup yang mendaftar dengan jumlah keseluruhan personel yang terlibat diperkirakan lebih dari 1.000 Anak

Sementara itu, Koordinator kegiatan Upacara Hudoq Kawit Agnes Gering Blawing mengatakan, rangkainan Hudoq Kawit sudah dimulai sejak Sabtu (28/10), yang diawali dengan upacara adat Lemivaa Lalii.

"Lemivaa Lalii adalah sebuah prosesi penyucian diri sebelum pelaksanaan Hudoq Tahariiq atau acara permulaan Hudoq," jelasnya.

Sedangkan Koordinator Acara Pemecahan Rekor MURI Saodah Annisa menyatakan bersyukur dan gembira dengan tingginya antusiasme masyarakat Kota Samarinda untuk terlibat dalam kegiatan pemecahan rekor menghias kue terbanyak yang menjadi rangkaian acara Festival Mahakam 2017.

Aksi anak-anak memecahkan rekor MURI digelar pada 4 November 2017 pukul 10.00 Wita di Atrium Big Mall Samarinda.

"Alhamdullilah, peserta benar-benar antusias ingin mengikuti acara pemecahan rekor MURI menghias kue terbanyak yang kami beri judul Edukasi Topping Pancake Pondan. Kami optimis dapat memecahkan rekor lama yang tercatat di Surabaya dengan jumlah sebanyak 1.031 anak, sekarang target kita naik dari hanya 1.234 menjadi 1.500 anak," ujar perempuan yang akrab disapa Ibu Uun ini.

Muhammad Faisal kembali mengingatkan masyarakat untuk hadir dan menyaksikan langsung kegiatan Parade Hudoq, Pencak Silat dan Kirab Drum Band yang berlangsung pada 5 November 2017, dengan start dari Taman Samarendah pukul 07.30 Wita menuju ke arah Jalan Awang Long hingga panggung kehormatan di Jalan Gajah Mada depan Kantor Gubernur Kaltim. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017