Tana Paser (ANTARA Kaltim)- Sebanyak 64 pencari kerja lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Paser, mengikuti pelatihan yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK)  setempat.

Kepala BLK Kabupaten Paser Sumarliani mengatakan, dari 172 pendaftar, hanya  64 pencari kerja yang diterima untuk mengikuti pelatihan yang  berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Paser.

"Ada empat bidang pelatihan kewirausahaan  yakni kewirausahaan tata boga, pelatihan kewirausahaan kecantikan, pelatihan kompetensi dasar otomotif, dan pelatihan kompetensi dasar menjahit,"kata Sumarlani di Tanah Grogot, Selasa (26/9).

Ia merngatakan untuk pelatihan kewirausahaan tata boga dan kecantikan dilaksanakan  selama 10 hari, sedangkan  pelatihan kompetensi dasar otomotif dan menjahit dilaksanakan  selama satu bulan.

"Para peserta  pelatihan adalah  bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan," katanya.

Sementara Sekda Paser Aji Sayid Fathur Rahman  saat memberikan sambutan  berharap pelatihan itu dapat meningkatkan kompetensi para peserta sehingga dapat bersaing dalam mencari pekerjaan.

"Pelatihan ini dapat menjadi modal untuk meningkatkan kompetensi dalam persaingan mencari pekerjaan. Bahkan bisa menjadi modal dalam membuka usaha dan lapangan pekerjaan," ujar Fathur Rahman.

Fathur Rahman menambahkan setelah mereka mendapatkan  pelatihan diharapkan bisa mandiri membuka peluang usaha baru atau lapangan kerja, sehingga dapat mengurangi  jumlah pengangguran serta dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017