Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Tim Kalimantan Timur baru mengoleksi empat medali emas pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah, dan untuk sementara menempati peringkat 11 nasional dengan 4 emas dan 12 perunggu.

Binpres KONI Kaltim Handaya Putra saat dihubungi dari Samarinda, Kaltim, Senin, mengatakan, empat medali emas tersebut diraih oleh Muhammad Fatir di cabang angkat besi kelas 50kg putra, Nilanda Saputri cabang olahraga gulat gaya bebas 52kg putri, Bagus Satria Putra cabang Judo kelas 50-55kg putra.

Ia mennambahkan, medali emas keempat oleh Saskia Ayu Maharani cabang taekwondo yang turun di kelas Kyorugi under 59 kg.

Sementara itu Ketua Binpres Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim, Agus Sujito menambahka selain emas, taekwondo Kaltim juga meraih medali perak atas nama Ni Made Ria Dina under 52 putri dan tambahan tiga medali perunggu.

Ia mengaku cukup puas dengan raihan medali atletnya itu.

Menurutnya saat ini peta kekuatan Taekwondo di Popnas masih didominasi Jawa. Namun Kalimantan Timur bisa mengganggu dominasi Jawa berkat pembinaan atlet yang berkesinambungan.

"Kami sangat bersyukur atlet Kami meraih medali emas. Ini berkat kerja keras pembinaan, yang sudah dilakukan jauh-jauh hari dalam bentuk TC mandiri," katanya kepada Tribun, Senin (19/9).

Ia berharap raihan medali emas Saskia ini bisa menjadi motivasi atlet Kaltim lainnya yang masih bertarung memperebutkan medali.

Ia juga meyakini kans atletnya menambah medali emas masih sangat terbuka.

"Besok masih ada hari terakhir dengan 3 orang atlet yang bertanding. Kami akan maksimal untuk menambah kepingan medali," tuturnya.

Selain empat medali emas tersebut atlet Kaltim sebenarnya juga menjadi juara di cabang ekaebisi, seperti dua emas di cabang anggar dan satu emas di cabang panjat tebing. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017