Samarinda (ANTARA Kaltim) - Lebih kurang 1.350 orang jamaah calon haji dari sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Timur yang terbagi dalam tiga kelompok terbang telah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Balikpapan.

Informasi yang diperoleh dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim, Rabu, mencatat rombongan kloter pertama calon haji mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada Sabtu (29/7) dini hari, menyusul kemudian kloter kedua pada Minggu (30/7) dan kloter ketiga pada Selasa (1/8) dini hari, semuanya dengan pesawat Garuda Indonesia.

Pemberangkatan tiga kloter haji itu berjalan lancar, bahkan rata-rata lebih cepat 10 menit dari jadwal penerbangan langsung menuju Madinah, Arab Saudi.

Sementara jamaah calon haji kloter keempat yang berjumlah 454 orang dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, pada Rabu malam pukul 21.00 Wita.

Jamaah calon haji yang tergabung di kloter keempat ini merupakan gabungan asal Kota Balikpapan sebanyak 31 orang, Bontang 145 orang, Kutai Barat 100 orang, dan Kutai Timur 173 orang, serta petugas kloter lima orang.

Mereka telah masuk Asrama Haji Batakan Balikpapan pada Selasa (1/8) sekitar pukul 17.00 Wita untuk menjalani serangkaian persiapan pemberangkatan.

"Proses penerimaan jamaah calon haji kloter empat lebih awal dari jadwal semula pukul 19.00 Wita. Hal ini dilakukan mengingat kondisi jamaah yang sudah lelah setelah menempuh perjalanan jauh dari daerah masing-masing, sehingga penerimaan dimajukan," kata Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jamaah PPIH Embarkasi Balikpapan Normansyah, saat menyambut kedatangan kloter keempat.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Saifi mengatakan, PPIH Embarkasi Balikpapan bekerja keras memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jamaah calon haji, mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan.

"Untuk itu, diperlukan kerja sama seluruh panitia dan jamaah calon haji agar prosesnya berjalan lancar tanpa hambatan," ujarnya.

Pada musim haji 2017, Embarkasi Balikpapan memberangkatkan sebanyak 5.792 orang calon haji dan petugas pendamping yang terbagi dalam 13 kloter. Jumlah itu bertambah 1.508 orang dibanding musim haji tahun sebelumnya.

Selain dari Kaltim, jamaah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Balikpapan berasal dari Provinsi Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Dari laman resmi Kemenag mencatat gelombang pertama pemberangkatan jamaah calon haji dari Embarkasi Balikpapan berlangsung pada 29 Juli hingga 11 Agustus 2017 dan gelombang kedua pada 13-15 Agustus 2017. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017