Samarinda (ANTARA Kaltim0 -  Sebanyak 150 atlet panjat tebing cilik dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Kalimantan Timur akan bersaing pada kejuaraan daerah panjat tebing kelompok umur (kid, youth dan junior) di arena panjat tebing, Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur mulai 24-27 Juli 2017.

Sekretaris Federasi Panjat Tebing Indonesia ( FPTI) Kalimantan Timur, Ahmad Juanda di Samarinda, Aahad mengatakan even daerah ini dijadikan sebagai ajang seleksi untuk tim kejurnas junior 2017 di Sawah Lunto, Padang, Sumatera Barat dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional ( Popnas) 2017 di Semarang, Jawa Tengah.

" Ada delapan kab/kota yang ikut berpartisipasi, dan hanya dua yang absen yakni kabupaten Panajam Paser Utara dan Kabupaten Paser," jelasnya.

Menurut Juanda, kejuaraan tersebut akan mempertandingkan semua nomor kejurnas namun hanya nomor perorangan dan beregu tidak dipertandingkan.

" Ada empat kategori yang kita lombakan yakni speed record, speed klasik, lead dan boulder, semuanya nomor perorangan," jelasnya.

Kejurda akan dibuka langsung oleh ketua FPTI Kaltim, Erwin Budiawan pukul 9.00 wita di Arena Panjat Tebing, Stadion Palaran, Samarinda.

Ia menambahkan bahwa sebelum kejurda tersebut terlaksana, FPTI Kaltim telah melaksanakan kursus juri dan pembuat jalur.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus pada kursus tersebut akan langsung diberikan tugas magang untuk menjadi juri dan pembuat jalur di kejurda.

" Mereka juga akan kita magangkan pada sejumlah even lokal seperti pra-porprov, kejurda senior hingga pelaksanaan Porprov 2018 mendatang," tutur Juanda.

Pelaksanaan kursus juri dan jalur tersebut dilakukan sebagai upaya regenerasi para senior yang sudah gantung sepatu.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017