Bontang, 30/4 (ANTARA) - Pemohon bantuan stimulan belajar dan penulisan tugas akhir program diploma hingga doktor hingga akhir April 2011 di Kota Bontang (Kaltim) dialokasikan mencapai Rp1,7 miliar.
   
 "Pemohon mencapai 45 mahasiswa, terdiri 40 pemohon mahasiswa prestasi dan lima pemohon mahasiswa tidak mampu," kata Hj. Suryani Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Sosial di Bontang, Sabtu.
 
"Sejak dibuka pendaftaran data pemohon yang telah masuk S1 prestasi 93 orang, tidak mampu delapan orang, tugas akhir 11 orang, S2 tiga orang, batas akhir pendafatran 31 Mei, dan setelah itu tidak ada lagi pendaftaran," katanya.
     
 Stimulan bantuan belajar ini dipersyaratkan bagi lulusan SLTA di Bontang.  
      
 Mereka tidak berstatus PNS, CPNS, PTT, Honor, karyawan BUMD/BUMD/perusahaan swasta.  Bagi mahasiswa D1 dan D2 hanya diberikan bantuan untuk penulisan tugas akhir saja.
     
 "Khusus pemohon dari keluarga tidak mampu dapat diberikan bantuan pada semester satu berdasarkan rekomendasi tim.  Sedang bagi mahasiswa yang prestasi dipersyaratkan telah duduk disemester tiga," kata Kepala Bagian Sosial Dasuki yang menambahkan keterangan tentang dana bantuan.
     
 Tahapan setelah penyampaian berkas permohonan, adalah seleksi berkas dan penetapan pada 1 hingga 20 Juni.  
     
 Selanjutnya pengumuman calon penerima bantuan pada 12 Juli 2011. Proses pencairan dan transfer dana bantuan pada 2 Agustus hingga 31 September 2011.
     
 "Untuk pengajuan bantuan stimulan biaya belajar dan penulisan tugas akhir magister (S2) dan doktor (S3), agar diajukan ke Dinas Pendidikan dengan contact person Ibu Titik," terang Dasuki yang mengakui bantuan stimulan belajar dan penulisan tugas akhir ini kedepan butuh penyempurnaan lagi.
      
 Penerima bantuan stimulan tahun lalu berjumlah 600 orang.  Untuk tahun ini jumlah bantuan mengalami kenaikan nominal tetapi ketika pemohon melebihi target akan dirangking. 
     
 Penerima bantuan stimulan belajar dan tugas akhir sesuai klasifikasi yang telah ditentukan dengan besaran mulai Rp1,75 juta rupiah hingga Rp7,5 Juta rupiah. 
    
 Pemerintah Kota Bontang melalui bagian sosial tahun ini menganggarkan stimulan biaya kuliah senilai Rp 1,7 Miliar bagi putra-putri asal Bontang yang sedang menempuh jenjang pendidikan diploma hingga doktor. 

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011