Bontang (ANTARA News - Kaltim) - Dispora Kota Bontang pada 18-21 April 2011 menggelar seleksi terhadap pemuda dan pemudi untuk memilih duta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bhakti Pemuda antarprovinsi bertempat di Hotel Akbar Bontang, Kaltim.
  
"Mereka akan mengikuti JPI dan Bhakti Pemuda Antarprovinsi bersama utusan 14 daerah kabupaten dan kota lainnya di Kaltim ke Malang pada 1 Juni mendatang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bontang, Moch Yani di Bontang, Senin.
   
Semula peminatnya ada 30 orang sesuai yang mendaftar namun diperkirakan karena faktor hujan sehingga yang datang hanya 20 orang saja. 
    
Tes seleksi meliputi tes tertulis mencakup akhlak, etika, moral, budi pekerti, wawasan nusantara, kreativitas bidang seni dan budaya, pemahaman budaya lokal.
    
Selain tes tertulis rangkaian kegiatan seleksi lainnya meliputi wawancara, kesamaptaan dengan mengandeng dari Purna Paskibra Indonesia (PPI).
     
Ibnu Purna Prakarya Muda Indonesia tahun 2009 di Bengkulu menceritakan kegiatan di arena JPI amat padat.
      
Kegiatan itu, misalnya  perkenalan kebudayaan, bakti sosial, mengunjungi sekolah-sekolah, belajar budaya daerah di Bengkulu.
     
Peserta JPI juga memperkenalkan usaha ekonomi produktif  melalui stand pameran daerah masing-masing. 
     
"Pada malam harinya, mereka akan menampilkan seni daerah asal peserta," ujar dia.
     
Ibnu yang aktifis PPI Kota Bontang mengakui banyak manfaat setelah ikuti event ini, seperti makin percaya diri dan matang  dalam berorganisasi.
   
Ajang JPI tahun ini akan berlangsung Malang Jawa Timur dan sekaligus ajang seleksi untuk Bhakti Pemuda Antar Bangsa.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011