Samarinda (ANTARA Kaltim) - PT Taspen (Persero) menggelar pasar murah bagi warga sekitar kantornya di Jalan D.I Panjaitan 46, Samarinda, Kalimantan Timur, sehingga warga tetap antusias datang meski hujan gerimis untuk mendapatkan paket sembako dengan harga sangat murah.

"Pastinya harga ini lebih murah ketimbang yang dijual di manapun, karena satu paket kebutuhan pokok ini sebenarnya harganya Rp150 ribu, namun hanya kami jual Rp25 ribu," ujar Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Samarinda Dadang Suhartono di saat membuka pasar murah di Samarinda, Selasa.

Bahan kebutuhan pokok murah ini diperuntukkan pegawai negeri sipil (PNS) golongan rendah, para pensiunan, dan masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungan kantor.

Tujuan pasar murah agar masyarakat terpenuhi kebutuhan pokoknya, karena harga yang dipatok jauh di bawah harga pasar, sehingga bisa terjangkau lapisan masyarakat kelas bawah.

"Terdapat 400 paket kebutuhan pokok yang kami siapkan. Tiap paket berisi 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir, dan 2 kaleng susu. Jadi, total harga per paket sebenarnya Rp150 ribu, namun hanya kami jual Rp25 ribu," ujarnya.

Sehari sebelumnya, lanjut Dadang, Taspen Samarinda menurunkan tim untuk melakukan survei sekaligus silaturahmi ke rumah-rumah warga yang dinilai kurang mampu dan berhak mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah tersebut.

Tim berjalan kaki membagikan kupon kepada warga di sekitar kantor Taspen. Bahkan kupon juga diberikan kepada pemulung, pedagang kaki lima, dan warga yang benar-benar berhak menerima bantuan.

Sedangkan untuk PNS lingkungan Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda diprioritaskan bagi golongan 1 dan 2 yang menerima kupon untuk membeli sembako murah itu.

Dalam pasar murah yang mulai dibuka pukul 09.00 itu, banyak warga yang datang dengan membawa kupon untuk diserahkan ke petugas dan ditukar dengan paket kebutuhan pokok yang telah disiapkan.

Menurut Dadang, pasar murah yang dilaksanakan ini sekaligus untuk memperingati HUT ke-54 Taspen yang jatuh setiap tanggal 17 April.

Ia berharap paket bahan pokok melalui pasar murah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat, karena sudah menjadi kebiasaan setiap menjelang lebaran harga kebutuhan pokok melonjak tinggi.

Sementara itu, Fatimah, seorang warga sekitar Kantor Taspen Samarinda yang ditemui mengaku bahagia bisa memperoleh kupon untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga sangat murah, apalagi ia merasakan saat ini harga kebutuhan pokok di pasar mulai naik.

"Tentu saja saya senang karena harganya jauh lebih murah, bahkan sangat murah. Mana ada di tempat lain harganya segini. Terima kasih Taspen atas bantuannya. Saya berharap di lain kesempatan ada lagi kegitan serupa supaya kami terbantu lagi," ucap Fatimah penuh harap. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017