Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Layanan akses internet cepat generasi 4G LTE dari PT XL hingga akhir 2017 ditargetkan terus menambah BTS baru dengan sasaran 38 kabupaten/kota yang tersebar di Pulau Kalimantan, sebagai tambahan dari 180 daerah di Indonesia yang sudah terlayani 4G LTE.
  

"Sampai akhir tahun 2017 kami targetkan akan ada tambahan baru bagi 38 kabupaten/kota di Pulau Kalimantan yang bisa menikmati layanan 4G LTE dari XL," ujar Vice President PT XL Axiata North Region, Handono Warih.
   

Sebanyak 38 kabupaten/kota yang akan mendapatkan layanan 4G LTE antara lain Barito Kuala, Kutai Kartanegara, Balangan, Barito Selatan, Barito Timur, Berau, Bulungan, Gunung Mas, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara.
   

Kemudian Kapuas, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Kutai Barat, Kutai Timur, Nunukan, Pasir, Penajam Paser Utara, Pulang Pisau, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Kota Baru, Kota Bontang, dan Kota Tarakan.
   

Di awal April 2017 lalu, lanjutnya, XL Axiata  telah meresmikan layanan 4G di dua kota besar di Kalimantan Timur, yaitu Samarinda dan Balikpapan sehingga pelanggannya terus bertambah, total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G hingga kini lebih dari 15 juta pengguna.
  

Ia mengaku akan terus membangun infrastruktur dan teknologi pendukung untuk internet cepat ini. Sampai akhir tahun 2017 pihaknya menargetkan pembangunan sedikitnya 17 ribu BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten di berbagai pelosok Indonesia.
   

Baru-baru ini lanjut Warih, pihaknya telah memasang sejumlah BTS 4G LTE di beberapa titik di Provinsi Kalimantan Selatan, kini pelanggan XL Axiata di wilayah Kalimantan Barat juga mendapatkan kesempatan yang sama memanfaatkan layanan internet cepat, yakni pada 18 Mei 2017.
   

Turut hadir Peluncuran Layanan 4G LTE di Pontianak itu adalah Chief of Commerce XL Axiata Kirill Mankovski, GM LTE Execution Assurance XL Axiata Ronhugo Verry Leonard Tambunan, GM Finance & Management Services XL Axiata North Region Mozes Haryanto Baottong, dan Regional Marketing Manager North Region Luce Lolo.
   

Kini terdapat delapan kota/kabupaten di Kalbar yang terjangkau jaringan layanan 4G LTE, yakni Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, dan Kabupaten Sanggau.
   

Secara bertahap, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota, termasuk menambah jumlah BTS 4G.
   

Saat ini, total BTS 4G yang telah tersedia di seluruh Kalbar sebanyak 36 unit dan akan segera bertambah 94 BTS 4G lainnya.
   

"Cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area yang paling membutuhkan akses internet cepat dan data digital, seperti pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan. Kami ingin ke depan semua kawasan di Kalimantan dapat terlayani  4G," tutur Warih.
   

Ia juga mengatakan total pelanggan XL Axiata di Kalbar lebih dari 225 ribu pengguna. Sebanyak 73 persen di antaranya secara aktif menggunakan layanan Data. Kenaikan trafik layanan data terutama dipicu oleh akses fitur video dan akses ke berbagai media sosial. (

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017