Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tuan rumah Mitra Kukar meraih hasil sempurna pada laga kandang kompetisi Liga 1 musim 2017 setelah mengalahkan tamunya Perseru Serui, Papua, dengan skor tipis 1-0 di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu.

Gol semata wayang tim berjuluk Naga Mekes diciptakan penyerang asal Brazil Marclei Cesar pada menit ke-25 lewat tandukan.

Gol itu berawal dari kemelut sepak pojok, ketika bola tandukan Jorge Gotor mengarah ke Marclei yang sudah berdiri bebas di depan dan pemain Brazil itu dengan cepat menyambar bola melalui kepalanya untuk membobol gawang Perseru.

Hingga laga ketujuh Liga 1, Marclei telah mengoleksi empat gol dan menjadi pemain tersubur di jajaran Mitra Kukar.

Mitra Kukar yang bermain di kandang sendiri tampil penuh percaya diri sejak menit awal babak pertama untuk mengejar kemenangan.

Beberapa kali tim tuan rumah menciptakan peluang apik melalui aksi Yogi Rahadian dan Septian David Maulana.

Pada akhir laga paruh pertama, tuan rumah semakin menekan. Tendangan beruntun dari Marclei dan Septian David masih bisa ditahan kiper Perseru Sukasto Effendi.

Memasuki babak kedua, tidak ada peluang berarti yang diciptakan kedua tim, karena bola lebih banyak bergulir di area tengah.

Meski tertinggal, Perseru tampil lebih agresif dan memiliki kesempatan menyamakan kedudukan melalui aksi Silvio, namun tendangannya mudah dijinakkan Riki Pambudi.

Merasa tertekan, Mitra Kukar memasukkan Hendra Bayauw menggantikan Yogi Rahadian pada pertengahan babak kedua. Masuknya Bayauw membuat gaya permainan Naga Mekes semakin berkembang dan beberapa kali penetrasi Hendra Bayauw menyulitkan barisan pertahanan Perseru.

Mitra juga memasukkan Zulham Zamrun menggantikan Marclei menit ke-75 untuk berusaha menambah gol kemenangan, tetapi tendangan bebas mantan penyerang timnas itu masih melambung di atas mistar.

Secara statistik, Mitra Kukar tercatat melakukan 13 kali tembakan yang tujuh di antara ya mengarah ke gawang. Sedangkan Perseru hanya melakukan enam kali tembakan dengan dua tepat mengarah ke gawang.

Di penghujung laga, tendangan keras Lukas Mandowen dari luar kotak penalti melebar tipis di sisi kanan gawang Mitra Kukar dan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tidak berubah.

Kemenangan ini membawa Naga Mekes naik ke peringkat empat klasemen Liga 1 dengan koleksi 12 poin. Sedangkan Perseru harus terjetembab di posisi 16 dengan raihan lima poin. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017