Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 36 peserta dari Kabupaten Paser akan mewakili daerah itu pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Sekitar 36 orang mewakili Paser pada MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Penajam Paser Utara yang dilaksanakan pada Mei 2017," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Paser Mohlis usai penutupan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat kabupaten, Kamis malam (27/4).

Para peserta kata Mohlis, berasal dari 10 cabang yang sebelumnya mengikuti seleksi STQ tingkat kabupaten tahun 2017.

Kabupaten Paser lanjut ia, telah melakukan seleksi peserta MTQ 2017 tingkat kabupaten melalui STQ, sebagai pengganti MTQ yang batal digelar karena keterbatasan anggaran.

"Berangkat dari kesederhanaan karena MTQ tahun ini batal digelar, maka diganti dengan STQ yang digelar sejak 25 hingga 27 April. Dari hasil STQ itu, didapat 36 peserta terbaik dari masig-masing cabang perlombaan," ujar Mohlis.

Sementara itu, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Paser Arif Rahman mengatakan, keterbatasan anggaran yang dialami daerah itu tidak membuat peserta STQ hilang semangat untuk mengikuti seleksi.

"Para peserta sangat antusias mengikuti STQ tahun ini, meski MTQ batal digelar," kata Arif.

Penyelenggaraan STQ dengan keterbatasan dana itu jelas Arif, juga tidak menjadi penghalang panitia dalam melaksanakan kegiatan itu.

"Dengan kesederhanaan, kami tuntaskan segala kegiatan STQ. Awalnya memang agak kesulitan dalam pendanaan, tetapi dengan kerja sama tim akhirnya STQ ini dapat digelar dengan baik," jelas Arif.

Pemkab Paser kata ia berharap, peserta terbaik yang akan mewakili Paser pada MTQ itu dapat menunjukkan hasil yang baik.

"Meski mereka diseleksi melalui kegiatan yang sederhana, Pemkab Paser berharap mereka dapat meraih prestasi pada MTQ di Penajam Paser Utara nanti. Ke depan, kami juga berharap peserta terus berlatih, apalagi pada 2019 Paser terpilih sebagai tuan rumah MTQ tingkat provinsi. Diharapkan Paser bisa menorehkan prestasi sebagai tuan rumah," terang Arif.      (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017