Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Perkebunan Kalimantan Timur kembali melakukan ekstensifikasi atau penanaman baru lahan karet sebagai upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan di daerah itu.

"Ekstensifikasi kali ini untuk karet dengan dengan luas lahan mencapai 20 hektare. Kegiatan ini strategis dalam upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan 2017," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad di Samarinda, Kamis.

Tidak hanya mengembangkan kelapa sawit, Dinas Perkebunan kata Ujang Rachmad, juga mengembangkan komoditaz unggulan lainnya salah satunya karet.

"Kegiatan ekstensifikasi perkebunan karet seluas 20 hektare rencananya akan dilaksanakan di Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Komoditi Bambang Fajrul Fallah mengatakan, Dinas Perkebunan Kaltim telah melaksanakan sosialisasi di wilayah ekstensifikasi perkebunan.

"Sosialisasi bertujuan memberdayakan masyarakat petani dan lahan yang berpotensi serta untuk memelihara komoditi spesifik lokal yang sebelumnya sudah ada agar dipertahankan keberadaannya, dipelihara dan ditingkatkan produktivitasnya," tutur Bambang.

Selain itu tambahnya, sosialisasi juga dilakukan kepada calon petani dan calon lahan (CP/CP) untuk bantuan bibit dan saprodi kepada petani peserta kegiatan ekstensifikasi.

"Diharapkan melalui kegiatan ekstensifikasi akan mampu menambah serta memperluas lapangan kerja bagi petani pekebun karet juga masyarakat luas," kata Bambang. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017