Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 20.993 siswa di Provinsi Kalimantan Timur mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Rusmadi, saat meninjau pelaksanaan ujian nasional tingkat SMK, di Samarinda, Senin, berharap agar penyelenggaraan ujian yang akan berlangsung 3-6 April 2017 tersebut berlangsung sukses dan tertib.

Apalagi kata Rusmadi, sarana dan prasarana di masing-masing sekolah telah banyak tersedia.

"Alhamdulillah, UN SMK berbasis komputer hari ini berlangsung tertib dan aman," kata Rusmadi.

Rusmadi mengatakan, peserta UN terlihat dengan mudah mengerjakan soal maupun mengisi data peserta di komputer.

Hal itu menurut Rusmadi, karena peserta sudah terbiasa melaksanakan berbagai ujian melalui try out yang dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Ia juga berharap, kesuksesan penyelenggaraan UN di Kota Samarinda tersebut, juga berlangsung di kabupaten dan kota lainnya di Kaltim.

"Semoga pelaksanaan UN yang dimulai dari jenjang SMK kemudian dilanjut dengan SMA dan MA, lanjut ke SMP/MTs serta jenjang lainnya berlangsung sukses dan lancar," harap Rusmadi.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) di Kaltim tahun ajaran 2016/2017.

"Tahun ini Pemprov Kaltim optimistis, penyelenggaraan UN berbasis komputer (UNBK) yang telah berjalan tiga tahun, terlaksana dengan baik dan sukses," tutur Rusmadi.

Ujian nasional pada 2017 mulai jenjang SD hingga SMA sederajat serta Ujian Paket dan SLB akan diikuti Sebanyak 174.222 peserta.

Jumlah tersebut terdiri dari, peserta SMK sebanyak 20.993 orang. SMA dan MA sebanyak 22.886 peserta, jenjang SMP dan MTs sebanyak 57.313 peserta, SLB dari semua jenjang sebanyak 353 peserta.

Sementara, peserta Paket A akan diikuti 731 orang, Paket B diikuti 2.008 peserta, sebanyak 3.664 peserta untuk Paket C dan SD/MI sebanyak 66.274 murid. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017