Penajam (ANTARA Kaltim) - Palang Merah Indonesia Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berhasil mengumpulkan lebih kurang 300 kantong darah pada kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-15 kabupaten setempat.

"Saya berterima kasih kepada para peserta donor darah, semoga darah yang disumbangkan memberikan manfaat kepada orang lain," kata Sekretaris PMI Kabupaten Penajam Paser Utara Andi Mappanyompa, ditemui pada kegiatan bakti sosial donor darah, Rabu.

Ia mengatakan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PMI Kabupaten Penajam Paser Utara setiap tiga bulan sekali.

Pada kegiatan donor darah itu juga hadir Ketua PMI Kabupaten Penajam Paser Utara Yustini Aspar dan tim PMI Kota Balikpapan.

Sasaran peserta pada kegiatan donor darah yang digelar di Kantor Bupati Penajam Paser Utara bukan saja pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten.

"Masyarakat umum, serta personel TNI dan Polri juga menjadi peserta donor darah, sehingga kami dapat mengumpulkan hingga 300 kantong darah," jelasnya.

Ia menambahkan ke-300 kantong Darah yang terkumpul itu akan disimpan di kantor PMI Kota Balikpapan, karena PMI Kabupaten Penajam Paser Utara hingga kini belum memiliki sarana prasarana yang memadai.

Bank darah yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara masih belum lengkap peralatannya, sehingga tidak memungkinkan menyimpan kantong darah hasil donor tersebut.

"Selain terkendala paralatan, kami juga belum memiliki sumber daya manusia yang mumpuni, kami masih menyekolahkan empat orang ke Solo untuk belajar terkait PMI," tambah Andi Mappanyompa.

Menurut ia, kegiatan donor darah tersebut untuk membantu masyarakat atau pasien di Kabupaten Penajam Paser Utara yang membutuhkan darah.

"Masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah bisa langsung menghubungi atau langsung mendatangi PMI Kota Balikpapan," ucapnya. (Kominfo PPU)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017