Penajam (ANTARA Kaltim) -  Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang digelar 22-29 Februrai 2017 di Kecamatan Waru, rencanannya akan dibuka Bupati setempat Yusran Aspar pada Kamis (23/2) malam.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Darmawan, di Penajam, Rabu mengatakan, persiapan MTQ ke-13 tersebut rampung 100 persen.

"Agenda tahunan kerja sama antara pemerintah kabupaten dan Kemenag setempat sudah dipersiapkan secara matang," ujarnya.

Cabang yang diperlombakan pada MTQ tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara ke-13 itu, antara lain tilawah, MMQ, syahril, hifzil, tafsir, khatil dan lomba lainnya.

Darmawan mengajak seluruh pihak memberikan dukungan pengembangan dan memasyarakatkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Peran dan fungsi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ kecamatan dan kabupaten harus lebih ditingkatkan.

"Bukan saja menyusun program dengan baik, bukan hanya bisa memnaca tapi juga bisa memahami, serta mampu mengimplementasikan dan mengembangkan melalui peningkatan kualitas peserta MTQ," jelasnya.

Kepada para peserta yang akan bertanding, semoga keikutsertaan pada MTQ ke-13 dapat membawa manfaat dalam mengaktualisasikan Islam secara damai.

"Atas nama pemerintah kabupaten, kami sampaikan apresiasi, terutama kapada panitia penyelenggara, dewan hakim dan semua pihak yang telah bekerja untuk sukseskan pelaksanaan MTQ ke-13," kata Darmawan.

Pada pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara ke-13 tersebut akan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah dan instansi vertikal. TNI-Polri, perwakilan perusahaan, BUMN/BUMD, tokoh agama, serta pimpinan ormas dan lainnya.

Sebanyak 60 orang dewan hakim, termasuk panitera tambah Darmawan, akan melakukan penilaian terhadap MTQ ke-13 tersebut. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017