Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) kota Samarinda memilih 33 karate muda dalam persiapan mengikuti Kejurnas Karate Piala Mendagri 2017 mendatang di Lampung.

Ketua Binpres FORKI Samarinda, Supriyadi di Samarinda, Minggu, mengatakan 33 atlet tersebut dipilih berdasarkan penampilan terbaik selama menjalani seleksi yang dilaksanakan di GOR Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu.

Pada seleksi tersebut, lanjut Supriadi ada sekitar 180 Karateka muda yang berasal dari 10 perguruan di Samarinda.

Para peserta di bagi dalam beberapa kelas dan kategori yakni kelompok kadet, junior dan dibawah usia 21 tahun.

" Ini baru seleksi tahap pertama dan secara otomatis mereka belum masuk dalam tim inti untuk mengikuti Kejurnas Mendagri di Lampung, 24-26 Maret nanti," ujarnya.

Supriyadi menegaskan 33 atlet tersebut nantinya akan dipersiapkan oleh forki Samarinda untuk menjalani seleksi tahap terakhir di tingkat Provinsi.

"Ini masih khusus Samarinda, nanti kalau tanggal 4-5 Maret baru seleksi se-Kaltim," ucapnya.

Ia mengaku senang melihat antusias Karateka muda mengikuti seleksi. Ia berharap atlet yang lolos seleksi ini bisa meningkatkan performanya supaya mampu mengharumkan nama Samarinda sekaligus Kaltim.

"Antusias luar biasa. Masalahnya di Samarinda ini barometer Karate Kaltim. Jadi ada 10 perguruan yang aktif. Rata-rata peserta seleksi ini masih duduk di bangku sekolah," ucapnya.

Supriyadi menilai pihaknya cukup selektif dalam memilih atlet dalam persiapan mengikuti Kejuaraan Nasional Karate Mendagri 2017.

Pihaknya tidak memilih atlet berdasarkan kemenangan saat seleksi, melainkan kesiapan dan kematangan atlet saat bertarung pada seleksi tersebut.

" Penilaian cukup komplek mulai dari teknik, kemampuan dan juga mental atlet, jadi juara tidak otomatis kami pilih saat seleksi,"tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017