Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Turnamen sepak bola legendaris memperebutkan Piala Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) ke-21 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, siap digelar kembali mulai 11 Februari 2017.

"Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-21. Peserta selain dari Balikpapan, juga ada dari Tenggarong, Penajam, sampai Sangatta," kata Danlanud Balikpapan Kolonel Yani Ajat Hermawan di Balikpapan, Selasa.

Karena konsistensi penyelenggaraan ini, turnamen Piala Danlanud menjadi turnamen yang disegani dan disebut sebagai ajang pencarian bakat sepak bola yang mumpuni.

"Bima Sakti juga pernah bermain di turnamen ini semasa masih amatir," kata jurnalis olahraga senior Balikpapan Teddy Johan.

Bima Sakti, sekarang adalah asisten pelatih tim nasional Indonesia Luis Milla. Sebelum menutup karir sebagai pemain merangkap asisten pelatih Persiba Balikpapan, Bima yang malang melintang bermain di sejumlah klub Liga Indonesia dan langganan skuad Timnas.

Bukan kebetulan, lapangan tempat pertandingan di lingkungan markas TNI-AU di Sepinggan itu bernama Lapangan Bima Sakti.

Menurut Ketua Panitia Turnamen Mayor Kal Deddy Setiawan, turnamen tahun 2017 ini berhadiah total Rp60 juta dengan pengawas pertandingan langsung dari PSSI Kaltim, yaitu Suraji dan Komisi Wasit Najamuddin Aspiran.

"Mereka semua bersama para manajer tim hadir dalam technical meeting pada Minggu (5/2)," katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Piala Danlanud untuk memeriahkan hari jadi ke-71 TNI-AU dan HUT ke-120 Kota Balikpapan.

"Ini ajang untuk mencari bakat dan berprestasi. Tapi, di atas segala-galanya, ada sportivitas yang harus kita junjung tinggi baik di dalam maupun di luar lapangan," kata Mayor Kal Deddy Setiawan. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017