Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 128 regu mengikuti kegiatan napak tilas dalam rangka memperingati Peristiwa Perjuangan Merah Putih ke-70 di Kecamatan Sangasanga, Kutai Kartanegara.
     
Napak tilas Sebagai upaya mengenang jejak perjuangan pahlawan di Kecamatan Sangasanga itu dilepas Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah di Tugu Monumen Perjuangan Merah Putih di Sangasanga Muara, Kamis (26/1).
     
Napak tilas kata Edi Damansyah, dilakukan bukan sebagai kegiatan seremonial, namun dapat dimaknai sebagai bagian untuk mengenang perjuangan yang telah dilakukan para pejuang terdahulu dalam membebaskan Sangasanga dari tangan penjajah, 70 tahun lalu.

Ia berharap, kegiatan napak tilas itu dapat pula dimaknai sebagai sarana menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan, peningkatan semangat perjuangan dalam mengisi kemerdekaan.
 
"Mari bergandengan tangan untuk membangun bersama-sama, khususnya Kecamatan Sangasanga agar lebih maju dan lebih baik lagi, dengan bekerja baik, tulus dan ikhlas guna terwujudnya Kutai Kartanegara maju, mandiri, sejahtera, dan berkeadilan," ucap Edi Damansyah.  

Sementara, Camat Sangasanga Gunawan mengatakan, ke-128 regu tersebut terdari dari, pelajar dan kelompok pemuda yang berasal dari Kota Samarinda, Kecamatan Sangasanga, Muara Jawa, Samboja dan Kecamatan Muara Badak.

"Peserta akan menempuh jarak 10 kilometer, dari Kelurahan Sangasanga Muara sampai ke ibu kota Kecamatan Sangasanga, dan bagi peserta yang menjadi juara akan menerima uang pembinaan dan tropi," ujar Gunawan.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017