Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Masyarakat Peduli Api atau MPA akan ikut membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser dalam penanganan kebakaran di daerah itu.

Kepala BPBD Paser Chandra Irwanadi, di Tanah Grogot, Senin, menyatakan saat ini sudah ada lima MPA yang telah terbentuk di daerah itu.

"Sudah ada lima MPA yang terbentuk dan akan membantu BPBD dalam penanggulangan kebakaran di Kabupaten Paser," kata Chandra Irwanadi.

Kelima MPA Yang sudah siap membantu tugas BPBD Paser kata Chandra Irwanadi yakni, MPA Desa Muara Lambakan, Desa Perkuen, Desa Muara Pias, Desa Bente Tualan dan MPA Desa Muara Toyu.

Kelima MPA tersebut telah diberikan pelatihan dasar penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) oleh BPBD Paser dan Manggala Agni.

Saat ini tambah dia, tim penanggulangan kebakaran berjumlah 50 orang dari BPBD ditambah 60 personel Manggala Agni yang siap membantu penanggulangan kebakaran di Kabupaten Paser.

"Masyarakat yang tergabung dalam MPA itu, akan membantu personel BPBD dan Manggala Agni, polisi, TNI serta Satpol PP dalam menanggulangi terjadinya kebakaran," ujar Chandra Irwanadi.

MPA katanya, juga bertugas mensosialisasikan kepada masyarakat sekitarnya untuk tidak membakar lahan dan hutan dengan sembarangan.

"Selain membantu mengatasi jika terjaid kebakaran, anggota MPA juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan agar tidak membakar lahan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," jelas Chandra Irwanadi.        (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016