Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Paser mendistribusikan sebanyak 435 bilik suara kepada panitia pemilihan kepala desa.

Komisioner Divisi Umum Logistik dan Keuangan KPU Paser Abdul Qoyim di Tanah Grogot, Rabu, mengatakan lembaganya juga menyerahkan 135 kotak suara kepada panitia pilkades.

"Hari ini KPU telah mendistribusikan 435 bilik dan 135 kotak suara kepada panitia pilkades atau dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Paser, " kata Abdul Qoyim.

Teknis pendistribusian logistik ke setiap desa merupakan tanggung jawab BPMPD selaku panitia.

"KPU hanya menyerahkan ke BPMPD, teknisnya nanti ada petugas BPMPD yang berjaga di KPU dan panitia pilkades di setiap desa yang langsung mengambilnya ke KPU," kata Qoyim.

KPU Paser meminjamkan sejumlah logistik tersebut hingga selesai penyelenggaraan pilkades serentak pada Desember mendatang.

"BPMPD meminjam ke kami dan sudah ada kesepakatan kapan logistik dikembalikan," kata Qoyim.

BPMPD  juga bertanggungjawab memelihara  kotak dan bilik suara tersebut. "Teknis pemeliharaannya diserahkan kepada pihak BPMPD sebagai panitia, itu sudah termasuk dalam kesepakatan," kata Qoyim.

KPU dan BPMPD Paser belum membicarakan masalah kerusakan pada bilik maupun kotak suara setelah pilkades selesai.

"Soal nanti ada kerusakan, belum dibicarakan bagaimana dan memang tidak tertera dalam kesepakatan," kata Qoyim. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016