Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Pembangunan gedung Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara yang berlangsung sejak Oktober 2016 ditargetkan rampung April 2017 dan bisa langsung difungsikan.


"BI sudah melantik Hendik Sudaryanto sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Provinsi Kaltara pada 17 Oktober 2016 dan begitu gedung bisa digunakan pada April langsung operasional," ucap Deputi Gubernur BI, Hendar di Samarinda,  Jumat.


Hal itu dikatakan Hendar ditemui setelah menghadiri acara serah terima Kepala KPw BI Kaltim dari Mawardi Bastian Habiaran Ritonga kepada Muhammad Nur di Kantor BI Kaltim. Acara tersebut juga dihadiri pejabat Pemprov Kaltim dan sejumlah perwakilan perbankan di Kaltim.


Menurut Hendar, pada 24 Oktober ia datang ke Kota Tarakan, Kaltara, untuk melakukan ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan gedung BI KPw Kaltara.


Keberadaan BI Kaltara tentu akan berperan sebagai mitra kerja strategis bagi pemerintah daerah, terutama dalam memberikan rekomendasi kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengembangkan sektor ekonomi baru yang potensial, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi.


Selain itu, selama ini BI dalam mencukupi kebutuhan uang bagi warga Kaltara, masih melakukan penitipan di kantor kas di wilayah itu, sehingga dengan adanya perwakilan, tentu tidak perlu lagi menitipkan di kantor kas yang masih numpang di bank konvensional.


Ia juga mengatakan dalam setiap pengambilan kebijakan, BI membutuhkan informasi, data, dan gambaran utuh kondisi perekonomian tidak hanya dari aspek global dan nasional, namun juga aspek ekonomi daerah.


Untuk itu, keberadaan BI di berbagai daerah menjadi penting untuk mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut, selain untuk membangun kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan di daerah.


Kemitraan dapat mendukung penyediaan data dan informasi, serta membangun sinergi maupun kerja sama pelaksanaan berbagai program ekonomi.


"Atas dasar itulah, maka penguatan peran KPw BI di setiap daerah termasuk di Kaltara, menjadi salah satu agenda strategis Program Transformasi Bank Indonesia," ujarnya.


Selama ini, katanya, peran, tugas, dan fungsi BI untuk wilayah Kaltara dijalankan oleh BI Kaltim didukung BI Balikpapan. Kini, dengan berdirinya BI Provinsi Kaltara, maka memiliki fungsi penuh.

 

"Fungsi penuh itu meliputi fungsi moneter, pelaksanaan, pengawasan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, surveillance sistem keuangan regional, statistik, pengembangan keuangan inklusif dan UMKM, serta komunikasi kebijakan," ujar Hendar. *

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016