Samarinda (ANTARA Kaltim) - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Berau, menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) yang diikuti 27 tim dari SMP dan SMA yang ada di daerah itu.

Bupati Berau, Muharram, di Tanjung Redeb, Minggu menyatakan, LKBB tersebut, dapat menjadi dasar bagi para siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, baik STPDN, Akademi Militer (Akmil) maupun Akademi Kepolisian (Akpol).

"Paling tidak, para peserta mendapatkan satu poin untuk bisa lolos jika ingin melanjutkan pendidikan ke STPDN Akmil atau Akpol," ujar Muharram, saat menutup LKBB PPI II 2016, di Tanjung Redeb, Minggu.

LKBB 2016 tersebut berlangsung GOR Taruna Tanjung Redeb, Ibu Kota Kabupaten Berau sejak Sabtu (22/10) hingga Minggu.

Dari 27 tim yang mengikuti LKBB II 2016 se-Kabupaten Berau tersebut, tim dari SMK Negeri 3 Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan serta SMP Negeri 38 dari Kecamatan Biatan berhasil menjadi yang terbaik dan memboyong piala bergilir dari Bupati dan Ketua DPRD Berau.

Selain piala dari Bupati dan Ketua DPRD Berau, setiap peserta yang menjadi pemenang juga menerima piala tetap dari Dandim 0902/Tanjung Redeb, Letkol CZI Slamet Santoso.

Piala tetap merupakan lomba baris berbaris dalam program Komsos Kreatif Kodim 0902 Tanjung Redeb 2016 yang bekerjasama dengan Purna Paskibraka Indonesia.

Bupati memberi aparesiasi kepada para pengurus Purna Paskibraka Indonesia Berau yang telah menggagas lomba ketangkasan baris berbaris tingkat SMP dan SMA, sebagai bagian kegiatan positif generasi muda di daerah itu.

Ia juga mengaku bangga dengan jumlah peserta yang mengikuti lomba ketangkasan baris berbaris tersebut, terlebih pesertanya tidak hanya dari Kota Tanjung Redeb namun juga beberapa sekolah di kecamatan terjauh di daerah itu.

"Saya memberikan dukungan dan apresiasi kepada pengurus dan anggota Purna Paskibraka Indonesia yang menggagas acara ini. Saya juga mengapresiasi antusias peserta yang tidak hanya datang dari Tanjung Redeb, tetapi beberapa sekolah kecamatan yang berada di pulau terluar," ucap Muharram.

Melalui kegiatan tersebut tambah Muharram, Kabupaten Berau tidak kesulitan mencari bibit pengibar bendera pada setiat perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Jika LKBB ini dilaksanakan rutin setiap tahun sebelum peringatan 17 Agustus tentu kita tidak akan sulit mencari pengibar bendera. Terlebih penampilan yang ditunjukkan para peserta LKBB tahun ini sudah sangat luar biasa sehingga dapat menjadi bibit pengibar bendera setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI," tutur Muharram.

"Para peserta LKBB ini merupakan putra-putri pilihan dari sekolah, karena mereka yang terpilih, selain memiliki kemampuan baris berbaris, juga memiliki disiplin tinggi dan sikap cepat berpikir dan cerdas karena karena mereka harus fokus mengikuti intruksi yang diberikan sehingga diharapkan ini harus terus dicerminkan, baik di sekolah maupun diluar sekolah," kata Muharram.

Sementara Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah juga menyampaikan apresiasi kepada PPI yang turut memberikan pembinaan kepada generasi muda.

"Kami mengapresiasi kreatifitas PPI Kabupaten Berau karena melalui kegiatan ini, generasi muda memiliki kegiatan positif sehingga dapat terhindari dari kenakalan remaja hingga penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

"Tidak hanya LKBB, kami berharap PPI Berau juga melaksanakan berbagai program kreatif lainnya dalam rangka pembinaan generasi muda secara berkesinambungan," ujar Syarifatul Syadiah.

Ketua PPI Kabupaten Berau Andi Yahya mengatakan, LKBB tersebut merupakan salah satu program tahunan PPI dalam upaya membina generasi muda secara dini pada ketangkasan baris berbaris.

"LKBB tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua dan kami berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Berau agar dapat terlaksana tahun depan (2017). Kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0902/Tanjung Redeb serta semua pihak atas dukungannya sehingga LKBB 2016 terlaksana dengan aman, lancar dan tertib," tutur Andi Yahya.      (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016