Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kominfo Kota Samarinda, akan menggelar tiga ekspo pada Festival Mahakam 2016.

"Festival Mahakam XVI sedikit istimewa dibanding tahun sebelumnya karena tiga ekspo digelar sekaligus dengan tema dan segmen yang berbeda," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kominfo Kota Samarinda Muhammad Faisal di Samarinda, Kamis.

Pada setiap penyelenggaraan Festival Mahakam, pihaknya selalu menggelar ekspo dalam upaya pembinaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif serta mengajak keterlibatan warga setempat untuk menyukseskan agenda seni dan budaya tahunan tersebut.

Ia berharap tiga ekspo pada Festival Mahakam tersebut dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan serta memberikan "multiplier effects" bagi daerah itu.

Pelaksanaan ekspo pertama, kata dia, Mahakam UKM Ekspo yang merupakan agenda rutin pada setiap pelaksanaan Festival Mahakam dalam kurun 5 tahun terakhir.

Ia menjelaskan bahwa Mahakam UKM Ekspo itu akan menampilkan hasil-hasil UMKM dan kuliner khas Kota Samarinda.

Bahkan yang lebih menarik, lanjut Muhammad Faisal, Mahakam UKM Ekspo tersebut sekaligus merupakan ekspo resmi MTQ Nasional Korpri yang dipusatkan di areal Islamic Center Samarinda.

"Pada tahun ini, Mahakam UKM Expo cukup lama digelar, yakni mulai 11 hingga 21 November 2016 di Islamic Center dan merupakan ekspo resmi di dua kegiatan, yakni Festival Mahakam dan MTQ Nasional Korpri. Semoga pelaksanaannya dapat membantu UMK di daerah ini," ucapnya.

Ekspo kedua, Ekspo Kuliner atau Makan Bahimat yang menawarkan berbagai sajian makanan atau kuliner.

Setelah sukses tahun lalu sebagai pelopor awal ekspo kuliner kreatif di Kota Samarinda, pihaknya menggelar kembali sajian berbagai makanan untuk anak muda yang gemar kuliner. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 13 November 2016 di halaman balai kota setempat.

"Jadi, kuliner kreatif khas anak muda itu akan dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Samarinda selama 3 hari di ajang Makan Bahimat yang akan diiringi sajian musik dari para musisi muda lokal," ujarnya.

Ekspo ketiga, lanjut dia, Mahakam Innovation Fiesta 2016. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan Pemerintah Kota Samarinda bersamaan dengan Festival Mahakam pada tanggal 11 s.d. 12 November 2016.

"Ini adalah ekspo yang dilaksanakan SKPD di lingkungan Pemkot Samarinda. Setiap SKPD akan menampilkan inovasi pelayan publik terbaru pada tahun 2016 untuk diperlihatkan dan dikenalkan kepada seluruh warga di daerah ini," katanya.      (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016