Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan anggaran sekitar Rp800 juta untuk membangun taman hijau di halaman kantor bupati setempat.

Kepala Bidang Cipta Karya DPU Kimpraswil Kabupaten Penajam Paser Utara, Supardi saat ditemui di Penajam, Kamis, mengatakan pembangunan taman hijau di halaman kantor bupati tersebut, selain untuk penghijuan, juga untuk menahan polusi udara.

"Kami siapkan anggaran Rp800 juta pada APBD 2016 untuk membeli tanaman yang akan ditanam di taman hijau itu dan rencanannya pembangunan akan dilaksanakan pada pekan ini," ujarnya.

Menurut Supardi, pembuatan taman hijau dengan memanfaatkan lahan kosong di halaman kantor bupati seluas enam hektare tersebut merupakan gagasan Bupati Yusran Aspar.

"Gagasan kepala daerah itu untuk menghijaukan halaman kantor bupati atau sekretariat kabupaten yang selama ini terkesan kering dan gersang," katanya.

Selain menambah keindahan, pembangunan taman hijau di halaman kantor bupati tersebut juga sebagai penahan air saat musim hujan dan polusi udara saat kemarau.

"Tanaman yang akan ditanam di taman hijau itu, di antaranya jenis pohon pelindung, pohon peneduh dan tanaman hias lainnya," jelasnya.

Selain akan dilengkapi dengan tempat duduk, tambah Supardi, taman hijau di halaman kantor bupati rencananya juga akan dipercantik dengan air mancur.

"Taman hijau itu juga dapat dimanfaatkan warga Penajam Paser Utara sebagai sarana bersantai beesama keluarga atau teman," ucapnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016