Samarinda (ANTARA News - Kaltim) - Presiden Republik Indonesia, SuSilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menghadiri Perayaan Hari Nusantara Nasional 2010 yang dipusatkan di Balikpapan (Provinsi Kalimantan Timur) pada Desember 2010.
    
"Suatu kehormatan, Provinsi Kaltim ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Nusantara Nasional yang akan dilaksanakan pada 13 Desember 2010. Apalagi, perayaan Hari Nusantara ini akan dihadiri oleh Presiden SBY," ujar Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak di Samarinda, Kamis.
    
Awang Faroek Ishak mengaku bertolak ke Jakarta untuk membahas persiapan pelaksanaan Hari Nusantara bersama Menteri Kelautan, Fadel Muhammad.
    
"Tujuan saya ke Jakarta karena besok (Jumat) akan ada rapat bersama Menteri Kelautan terkait persiapan perayaan Hari Nusantara itu," katanya.
    
"Pada dasarnya, kami (Kaltim) siap menjadi tuang rumah kegiatan nasional tersebut," ujar Gubernur Kaltim itu.
    
Peringatan Hari Nusantara itu dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lainnya di antaranya seminar, pameran dan lomba mancing.
    
Tema Hari Nusantara Nasional 2010, yakni "Hari Nusantara Membangkitkan Budaya Bahari".
    
Sedangkan sub tema, yakni "Laut Adalah Warisan Nenek Moyang Kita, Wajib Dipertahankan, Dilestarikan, dan Dijadikan Sumber Utama Ekonomi Bangsa".
    
Semula acara itu diharapkan pada 13 Desember 2010 namun pihak panitia belum bisa memastikan karena belum ada kepastian dari pusat.
    
Pameran itu akan menampilkan  berbagai potensi unggulan dari seluruh Indonesia. Kaltim sendiri akan memamerkan berbagai potensi unggulan di bidang kelautan dan perikanan.
    
"Tentunya, melalui Hari Nusantara ini kita berharap ada solusi pemanfaatan sumber-sumber kelautan bisa dimaksimalkan untuk dapat mensejahterakan masyarakat. Saya melihat, masih banyak potensi kelautan dan perikanan kita yang belum dioptimalkan," ungkap Gubernur Kaltim tersebut.   

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010