Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Rosyita Nuur Aulia keluar sebagai juara I pada lomba baca puisi  tingkat siswa SLTP se Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) yang digelar oleh  Kantor Bahasa Provinsi  Kaltim bekerja sama dengan Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Kaltim.

“Akhirnya Rosyita Nuur Aulia terpilih sebagai  juara I setelah bersaing  dan mampu mengungguli lawan lainnya, yang jumlah pesertanya sebanyak 45 orang,” kata Yudianti Herawati ,SS.MA selaku Panitia yang juga Koordinator  Bidang Pengembangan, Pengkajian dan Peneliti  Kantor Bahasa  Kaltim, di Samarinda, Kamis (29/9)

Ia mengatakan jumlah peserta  cukup banyak,sehingga lomba untuk  babak penyisihan  dibagi menjadi dua lokasi, yaitu di Kantor  Bahasa  di Jalan Batu Cermin  sebanyak 20 orang peserta, dan sebagian di ruang Batu Lepoq Hotel Mesra  sebanyak 25 peserta.

Dimasing-masing lokasi lomba,  juri mencari hanya tiga  orang pemenang  kemudian kembali  berlaga di babak final  yang jumlahnya  menjadi  enam  orang. Dari enam  orang  tersebut kembali  dicari pemenang terbaik  sebanyak  3 orang  juara, tiga orang lainnya sebagai juara harapan.

Adapun pemenang lomba  di antaranya  keluar sebagai juara  I  Rosyita Nuur Aulia  dari SMP  IT Nurul  Ilmi Tenggarong (Kukar),  Juara ke II Triana Ayu Januar dari  SMP N  22  Kota Samarinda dan Juara ke III diraih  Rahmah Adeliani dari SMP N  6  Kota Balikpapan.

Selanjutnya sebagai juara ke IV (Harapan I)  diraih Ahmad Iqbal   dari SMPN6 Kota Balikpapan, Juara V (Harapan II)  Maharani Kartini Putri dari  SMPN 2 Muara Badak (Kukar) dan Juara VI (Harapan III) diraih  Sayid Farhan Hisyam  dari SMP Islam  Bunga Bangsa  Samarinda.

 Tujuan dari lomba baca puisi  tersebut  kata Yudianti   adalah untuk meningkatkan minat siswa  terhadap sastra dan mendorong  membangkitkan kreativitas  siswa dalam mengapresiasi karya sastra khususnya puisi.

Yudianti Herawati   menjelaskan  tujuan digelarnya beberapa lomba  tersebut  dalam rangka  memperingati  Bulan Bahasa  yang jatuh pada  28 Oktober 2016. Kantor Bahasa Kaltim menggelar  lomba    sebanyak  23 lomba di antaranya  lomba  baca puisi , lomba menulis surat  dan lomba membaca Cerpen. Namun hingga saat ini lomba yang sudah digelar sebanyak  enam lomba.

“Mudah-mudahan menjelang  tanggal  28 Oktober nanti semua kegiatan lomba sudah  terlaksana,” katanya.
Dia berharap  kegiatan lomba-lomba  yang digelar  akan lebih memperkenalkan  Kantor Bahasa  kepada masyarakat luas, kalangan akademisi dan sastrawan.

Yudianti  menambahkan Kantor Bahasa  dalam menggelar  beberapa lomba didukung oleh mitra kerja  dari  Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Kaltim dan Himpunan Sarjana Sastra Indonesia (HISKI)(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016