Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur membagikan bantuan sebanyak 121 ribu bibit tanaman karet dan kelapa sawit kepada 19 kelompok tani pekebun di daerah setempat, sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi subsektor perkebunan.

"Bantuan bibit sawit dan karet itu telah kami serahkan kepada masing-masing kelompok yang sebelumnya telah dilakukan pendataan dan verifikasi," ujar Kepala Bidang Pengembangan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Bambang Fajrul Fallah di Samarinda, Rabu.

Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bibit untuk petani pekebun yang berada di sentra pengembangan komoditas sesuai yang dikerjakan petani, sehingga dari sentra perkebunan yang ada terus terjadi penambahan luas lahan.

Ia menjelaskan bibit yang telah disalurkan kepada kelompok tani tersebut terdiri dari 75 ribu bibit karet dan 46 ribu bibit kelapa sawit. Sedangkan jumlah penerima yang sebanyak 19 kelompok tani itu tersebar di beberapa kabupaten/kota se Kaltim.

Rincian penerima bantuan bibit karet, antara lain kelompok tani Anugrah Bersama dari Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, menerima 12.500 bibit.

Kemudian kelompok tani Wahana Sri Rejeki dari Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, menerima 12.500 bibit karet, kelompok tani Karya Muda dari Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, menerima 10 ribu bibit karet.

Selanjutnya kelompok tani Bunga Harapan dari kecamatan Muara Komam dan kelompok tani Lowak Sebubur dari kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, yang masing-masing menerima 14.500 dan 7.000 bibit karet.

Kemudian kelompok tani Kelian Jaya dari Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat menerima 11 ribu bibit karet; dan kelompok tani Karya Tani dari kecamatan Sambutan, Kota Samarinda menerima bantuan sebanyak 7.500 bibit karet.

Sedangkan penerima bantuan bibit kelapa sawit adalah tiga kelompok tani dari Kutai Kartanegara, yakni kelompok tani Karya Bersama di Kecamatan Loa Kulu, kelompok tani Usaha Abadi di Kecamatan Muara Badak, dan kelompok tani Sipakario di Kecamatan Marangkayu. Kelompok ini masing-masing menerima 3.640 bibit, 3.250 bibit dan 5.200 bibit kelapa sawit.

Ada pula enam kelompok tani dari Kabupaten Kutai Timur, yakni kelompok tani Bukit Karya di Kecamatan Kaliorang menerima 5.200 bibit.

Kelompok tani Sumber Mukti, Bina Karya dan Karya Sejahtera di Kecamatan Rantau Pulung menerima 10.140 bibit, kelompok tani Berkah Sekurau Bawah di Kecamatan Bengalon menerima 4.420 bibit, dan kelompok tani Jembatan 2 di Kecamatan Muara Wahau menerima 2.080 bibit.

Berikutnya kelompok tani Harapan Utama dari Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara menerima 2.860 bibit, kelompok tani Karya Benuaq Mandiri dari Kecamatan Damai, Kutai Barat menerima 2.600 bibit, dan kelompok tani Sehati II dari Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau menerima 6.760 bibit sawit. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016