Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersiap menggelar Hari Perhubungan Nasional dengan tema "Meningkatkan Kinerja Pelayanan Insan Perhubungan untuk Mewujudkan Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan".

   

"Hari Perhubungan Nasional sebenarnya tanggal 17 September, tetapi karena di tanggal itu merupakan hari libur, maka peringatannya akan kami undur pada 19 September, di halaman Kantor Gubernur Kaltim," ujar M Rizali, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim di Samarinda, Kamis.

   

Tiga aspek yang ditekankan dalam perhubungan tersebut meliputi semua moda transportasi yang diselenggarakan di Kaltim, yakni moda perhubungan darat, perhubungan laut, perhubungan udara, serta moda angkutan sungai danau dan penyeberangan.

   

Peserta peringatan antara lain dari pegawai Dinas Perhubungan, SMK Pelayaran Kalimantan, dan para mitra kerja Dinas Perhubungan Kaltim seperti Kepolisian, Distrik Navigasi Samarinda, Bandara Temindung, Pelindo, dan berbagai lembaga maupun instansi yang menangani perhubungan.   

   

Menurutnya, peringatan Hari Perhubungan sekilas terlihat seperti seremonial belaka, namun jika dicermati sesungguhnya terkandung makna yang dalam, yakni sebagai momentum yang tepat terhadap kinerja insan perhubungan selama ini, apakah sudah memberikan pelayanan, keamanan, maupun keselamatan yang baik kepada masyarakat.

   

"Insan perhubungan juga harus mengavaluasi kinerja selama ini, terutama mengingat kembali berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan dalam semua moda transportasi, sehingga kita bisa menemukan titik lemahnya untuk kemudian dibenahi," ucap Rizali.

   

Selama ini di Kaltim masih sering terjadi kecelakaan baik di darat maupun air. Tentu saja hal ini harus menjadi perhatian serius masing-masing insan perhubungan yang terkait langsung maupun tidak langsung terhadap peristiwa itu, sehingga kondisi ini jangan sampai terulang.

   

Sebagai rangkaian dalam Hari Perhubungan Nasional tersebut, lanjutnya, Dinas Perhubungan Kaltim pada 25 September juga menggelar aneka kegiatan seperti jalan santai yang menyediakan aneka hadiah kejutan dan berbagai lomba yang akan digelar di halaman Dinas Perhubungan Kaltim. *

Pewarta: Muhammad Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016