Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kontingen Provinsi Kalimantan Timur yang akan berlaga di arena Pekan Olahraga Nasional XIX tahun 2016 Jawa Barat rencananya dilepas Gubernur Awang Faroek Ishak pada 9 September 2016.

Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya di Samarinda, Senin, mengatakan pelepasan atlet, pelatih dan ofisial dilaksanakan bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas), setelah mereka menjalani pemusatan latihan daerah selama lima bulan.

Pada PON 2016, kontingen Kaltim berkekuatan sebanyak 651 atlet dan 213 pelatih, ofisial teknis serta manajer. Selain itu, masih ada 147 orang atlet dari 11 cabang olahraga ekshibisi. 

"Jadi, total anggota kontingen berjumlah 1.011 orang atlet, pelatih, manajer, dan ofisial. Itu belum termasuk pengurus KONI Kaltim dan staf pendukung yang jumlahnya sekitar 200-an orang," katanya.

Saat ini, lanjut Zuhdi, sebagian atlet Kaltim dari sejumlah cabang olahraga sudah berada di Jawa Barat, seperti atlet layar, dayung, golf, sofbol, dan wushu.

Selain atlet dan pelatih, sejumlah pengurus dan staf pendukung juga sudah berangkat lebih awal ke Bandung untuk mempersiapkan keperluan kontingen Kaltim di posko yang berada di Hotel Guntur.

"Untuk keperluan akomodasi dan konsumsi atlet perlu kita persiapkan lebih awal, kami bersyukur atas laporan masing-masing bidang semua urusan tidak ada masalah, termasuk menyiapkan media center untuk keperluan wartawan Kaltim peliput PON," paparnya.

Zuhdi Yahya juga telah menemui Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk melaporkan kesiapan kontingen menghadapi PON 2016.

Dari pertemuan itu, Gubernur Kaltim memastikan siap melepas keberangkatan atlet, pelatih dan ofisial dalam sebuah acara di halaman Kantor Gubernur pada 9 September, bertepatan peringatan Haornas.

"Pak Gubernur juga mengagendakan acara ramah tamah sekaligus pemberian motivasi kepada atlet saat di Bandung yang dijadwalkan pada 15 September," tambahnya.

Selain Gubernur, sejumlah pejabat Forum Pimpinan Daerah Kaltim juga dijadwalkan memberikan suntikan motivasi, antara lain Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L Tobing dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016