Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) siap membentuk Satuan Karya Teknologi Informasi dan Komunikasi (Saka TIK) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur sebagai wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu teknologi informasi.

Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani di Samarinda, Minggu, mengatakan Saka TIK adalah salah satu Satuan Karya Pramuka sebagai tempat peningkatan dan pengembangan kecakapan, ketrampilan pengalaman dan kepemimpinan dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata dan produktif di bidang komunikasi dan informatika.

"Saka TIK bertujuan membina dan mengembangkan anggota Gerakan Pramuka agar memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan di bidang komunikasi dan informatika," kata Abdullah Sani.

Menurut dia, sumber daya yang ada akan dimaksimalkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bidang TIK bagi anggota Saka TIK.

Apalagi, lanjutnya, Diskominfo Kaltim juga memiliki program peningkatan kualitas SDM dengan memberikan pelatihan penggunaan internet secara benar dan sehat.

"Kami sudah memiliki program tersebut yang dilakukan di ruang `training room` Diskominfo maupun di lapangan dengan menggunakan `mobile community acces point` (MCAP) atau mobil internet keliling," ujarnya.

Saat ini, Diskominfo Kaltim lanjut dia, masih tergabung dalam Saka Dirgantara yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan bidang kedirgantaraan.

"Jika nantinya terbentuk Saka TIK, maka Diskominfo akan menjadi pembinanya. Yang jelas, Diskominfo akan memaksimalkan pembinaan Saka TIK agar Gerakan Pramuka Kaltim juga mampu mengikuti perkembangan tehnologi informasi," kata Abdullah Sani. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016