Samarinda (ANTARA Kaltim) - Program BUMN Mengajar yang dilaksanakan PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya mengunjungi 10 sekolah yang tersebar di sejumlah daerah di Kalimantan Timur.

Perwakilan manajemen PT Pupuk Kaltim Sunaryo Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Samarinda, Rabu, menjelaskan pada kegiatan BUMN Mengajar ini, PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya melaksanakan program mengajar di SMP dan SMA/SMK di daerah yang ada kantor cabang ketiga BUMN itu, meliputi Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Samarinda, Balikpapan, dan Berau.

"Kegiatan dilaksanakan bertahap mulai Agustus hingga Desember 2016 melalui koordinasi dengan Dinas Pendidikan setempat dan prioritas adalah sekolah yang berada di wilayah perbatasan," katanya.

Selain mengenalkan profil perusahaan, perwakilan ketiga BUMN itu juga menyampaikan materi pengenalan terhadap profesi-profesi yang ada di perusahaan milik negara, pemberian motivasi, riwayat hidup, dan kisah sukses para pimpinan perusahaan.

Kegiatan BUMN mengajar telah diawali di dua sekolah di Kota Bontang, yakni SMP Negeri 5 pada Selasa (23/8) dan dilanjutkan di SMA Negeri 1 pada Rabu.

Sebagai pengajar pada sesi ini adalah General Manager Umum PT Pupuk Kaltim Syaifullah Lasindrang, General Manager Pemeliharaan Achmad Rosadi, serta General Manager Sistem dan Risiko PT Hutama Karya Tjahyo Purnomo.

Sunaryo menambahkan PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya turut berpartisipasi aktif dalam program lanjutan "BUMN Hadir Untuk Negeri" tahun ini, khususnya di wilayah Kaltim.

"Sebagai BUMN, kami ingin menunjukkan kepedulian kepada masyarakat bahwa kami tidak hanya berorientasi pada keuntungan, karena BUMN juga memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi sosial masyarakat serta turut berkontribusi menumbuhkan kecerdasan bangsa," katanya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan bantuan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar kepada kepala sekolah SMPN 5 dan SMAN 1 Kota Bontang.

Sebelumnya dalam rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri untuk memperingati HUT Ke-71 Kemerdekaan RI, PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya juga telah menggelar sejumlah kegiatan, antara lain program Siswa Mengenal Nusantara, bedah rumah veteran, elektrifikasi rumah warga, pembuatan MCK, pembinaan dan pelatihan mantan narapidana, pasar murah, pembangunan tempat penitipan anak, serta pesta rakyat.

Untuk keseluruhan program yang dilaksanakan di Provinsi Kaltim, Kementerian BUMN menunjuk PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai penanggung jawab bersama PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016