Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Kodam VI Mulawarman kembali mengirim atlet untuk bertanding pada kejuaraan nasional (kejurnas) karate Piala Panglima TNI ke-4 tahun 2016 di Jakarta.

"Kejuaraan akan digelar di GOR Ahmad Yani di Markas Besar (Mabes) TNI di Cilangkap, 19-21 Agustus mendatang," kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Subagiyo, Jumat.

Kejuaraan ini diselenggarakan sebagai kerja sama antara Mabes TNI dengan Pengurus Besar Federasi Karate-Do Indonesia (PB FORKI).

Para karateka Kodam VI Mulawarman akan mengikuti nomor pertandingan Kumite Perorangan Pria, Kumite Perorangan Wanita, dan Kumite Beregu, serta Best of the Best. Kumite adalah pertandingan perkelahian.

"Saya yakin dan percaya bahwa kemampuan para karateka Kodam VI/Mulawarman ini tidak diragukan lagi. Mereka melalui seleksi yang cukup ketat dan pelaksanaan latihan yang panjang," kata Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen Johny L Tobing.

Secara umum, Kejuaraan Nasional Piala Panglima TNI ini membagi peserta menjadi kelas senior dan yunior. Selain prajurit TNI, bertanding pula dalam Kategori Umum yang diikuti perguruan-perguruan di bawah Pengurus Provinsi FORKI. Dalam Kategori Umum itu peserta dibagi pada kelas Kadet Pria dan Wanita (usia 14-15 tahun), yunior Pria-Wanita (16-17 tahun), dan kelas U-21 Perorangan Pria dan Wanita.

Panglima Johny L Tobing juga mengingatkan akan semangat tidak kenal menyerah yang sangat diperlukan dalam membangun prestasi seperti dalam kejuaraan yang diikuti prajurit sekarang.

"Bulatkan tekad kalian untuk mencapai prestasi terbaik melalui kerjasama dan kekompakan. Junjung tinggi sportivitas dan patuhi peraturan pertandingan yang telah disepakati. Pelihara semangat juang dan tunjukkan mental bertanding militan untuk menjadi yang terbaik, serta jaga kesehatan kalian dan pelihara hubungan baik sesama atlet karateka dari kontingen lain," pesan Panglima. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016