Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 188 calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten Paser telah menjalani tes kesehatan yang dilaksanakan di Klinik Korpri Tanah Grogot, Kabupaten Paser Provinsi Kaltim.

"Tes kesehatan ini merupakan rangkaian pemeriksaan tahap kedua," kata penangung jawab tes kesehatan calon jemaah,dr. Ainun Zariah, di Tanah Grogot,Jumat (15/7).

Ia mengatakan sebelumnya pemeriksaan tahap pertama dilakukan disetiap puskesmas; kemudian dilanjutkan pemeriksaan tahp kedua. Ada 188 jamaah calon haji yang telah menjalani tes kesehatan terdiri dari 88 orang Jemaah calon haji pria dan 100 orang Jemaah calon haji perempuan.

Tujuan pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan tidak ada calon jamaah yang berangkat dalam keadaan Sakit.

"Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan fisik , kehamilan, dan pemeriksaan laboratorium" katanya.

Lanjut  dr Ainun setelah dinyatakan sehat dan siap berangkat maka akan bisa dilakukan imunisasi.Pemeriksaan kesehatan kepada calon haji wanita berbeda dengan calon haji laki-laki.Setelah dinyatakan sehat mereka akan diberangkatkan ke Embarkasy Balikpapan

menurutnya pemeriksaan kesehatan calon jemaah haji wanita  akan dites kehamilan terlebih dahulu yaitu pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan kandungan.Apabila ada calon jemaah haji wanita yang hamil maka tidak bisa dilakukan vaksinisasi.

Ainun menjelaskan semua calon jemaah haji dilakukan tes kesehatan  sebanyak dua kali kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan tahap akhir di embarkasyi Balikpapan sebelum mereka berangkat beribadah haji.

"Pemeriksaan kesehatan di embarkasy akan dilakukan oleh Tim Medis Pelabuhan Balikpapan,"ujarnya.

Dia juga berharap masing-masing calon jemaah haji untuk memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatannya, agar dalam menjalankan ibadah bisa berjalan dengan lancar tidak terganggu oleh kondisi kesehatan.

Ainun menambahkan jika dalam pemeriksaan kesehatan ditemukan adanya penyakit dan gangguan kesehatan maka segera dilakukan pencegahan dan pengebotan.(*)

Pewarta: Ropii Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016