Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Festival Seni dan Budaya Erau di Kutai Kartanegara, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 pada ketagori festival budaya terpopuler.

"Mari berikan dukungan dengan memberikan `vote` agar Erau memiliki suara terbanyak di ajang tersebut. Ajang ini merupakan kerja sama salah satu situs atau website dengan Kementerian Pariwisata Indonesia," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni di Tenggarong, Rabu.

Pemungutan suara (voting) tersebut, kata Sri Wahyuni, berlangsung sampai 23 Agustus 2016.

Ia menyatakan, masuknya festival Erau sebagai nominasi pada kegiatan tersebut akan memberi dampak positif terhadap promosi seni dan budaya di Tanah Air, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Masuknya Festival Erau sebagai nominator Anugerah Pesona Indonesia 2016 akan semakin mempopulerkan Erau, yang berdampak terhadap promosi daya tarik wisata di Kutai Kartanegara dan Kaltim umumnya," tuturnya.

"Mari jadikan Festival Erau sebagai festival budaya terpopuler di Tanah Air. Saya mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan dukungannya," ujar Sri Wahyuni.

Upacara Adat Erau yang dilaksanaan bersama "International Folk Art Festival" (EIFAF) digelar pada 22-28 Agustus 2016 di Kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara.

EIFAF tahun ini akan dimeriahkan 10 delegasi kesenian dari sembilan delegasi anggota "International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art" (CIOFF), yakni Taiwan (2 grup), Bulgaria, Rumania, Rusia, Polandia, Idaho USA, Lithuania, Estonia dan Canada (Ukranian).

Ia mengatakan, selama pelaksanaan EIFAF, pengunjung maupun masyarakat dapat menyaksikan kegiatan adat Erau yang dipusatkan di Keraton atau Museum Mulawarman serta atraksi kesenian termasuk dari CIOFF.       (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016