Penajam (ANTARA Kaltim) - Pelantikan pejabat definitif Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sesuai hasil "assessment" dijadwalkan akan dilaksanakan pada pekan depan.

"Semua tahapan lelang jabatan sekretaris kabupaten sudah selesai dan kepala daerah sudah merekomendasikan nama peserta lelang jabatan itu ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Surodal Santoso di Penajam, Minggu.

Nama, pejabat yang direkomendasikan kepala daerah untuk mengisi jabatan sekretaris kabupaten tersebut lanjut dia, sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak.

Pengangkatan dan pelantikan pejabat definitif sekretaris kabupaten hasil uji kompetensi jabatan melalui lelang jabatan yang diusulkan kepala daerah tersebut, sesuai aturan harus melalui persetujuan Gubernur.

"Satu nama pejabat yang diajukan kepala daerah ke provinsi untuk menduduki jabatan definitif sekretaris kabupaten sudah disetujui Gubernur, jadi kami jadwalkan pekan depan akan dilantik," ujar Surodal Santoso.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan melantik secara khusus pejabat sekretaris kabupaten terpilih tersebut dengan melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

"Pejabat sekretaris kabupaten terpilih itu akan dilantik secera khusus oleh pemerintah daerah, sebelum memasuki bulan puasa," ucap Surodal Santoso.

Dari hasil uji kompetensi, ada tiga nama pejabat dari empat peserta lelang jabatan yang berpeluan menduduki jabatab Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, yakni Pelaksana tugas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar.

Pejabat lainnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Febrianto.

"Ketiga peserta itu dinyatakan lulus administrasi berkas, tes penulisan makalah, penilaian di Badan Kepegawaian Negara di Jakarta serta tes interview dan wawancara oleh panitia seleksi," jelas Surodal Santoso.

Namun, dari ketiga nama pejabat tersebut, mencuat satu nama, yakni Tohar yang dinilai cocok dan kompeten untuk menduduki jabatan Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016