Samarinda (ANTARA Kaltim) - DPRD Kaltim menyatakan dukungan terhadap rencana pembangunan Kantor Pertahanan Kaltim di Samarinda. Hal tersebut disampaikan pimpinan DPRD Kaltim di sela-sela kunjungan Tim Kementerian Pertahanan RI ke Kaltim.

Ketua DPRD Kaltim Syahrun HS mengatakan, Kaltim merupakan salah satu provinsi yang diprioritaskan untuk hadirnya Kantor Pertahanan, di samping Jakarta, Papua, Aceh, Riau dan Kalimantan Barat, karena merupakan daerah perbatasan.

“Kaltim patut bersyukur karena menjadi salah satu daerah prioritas. Kehadiran Kantor Pertahanan akan sangat membantu Kaltim lebih kondusif, terlebih disaat gencarnya daerah dalam meningkatkan laju pembangunan infrastruktur, seperti rel kereta api, tol dan lainnya,”kata Syahrun didampingi Wakil Ketua DPRD Kaltim Andi Faisal Assegaf.

Dengan semakin meningkatnya kondusifitas Kaltim maka akan berpengaruh kepada banyak hal, diantaranya mempengaruhi iklim investasi dengan semakin banyaknya investor yang datang ke Kaltim sehingga akan meningkatkan perekonomian daerah.

Ditambahkannya, Gubernur Kaltim Awang Faroek sendiri sudah menyatakan dukungannya dengan secara lisan berjanji untuk mencarikan lahan strategis di Samarinda untuk pembangunan Kantor Pertahanan Kaltim.

“Pada rinsipnya, dewan mempunyai kesepahaman dengan gubernur. Adapun mekanismenya pemerintah melalui biro perlengkapan dan instansi terkait lainnya untuk mencari lahan stategis kemudian dibawa ke dewan untuk disetujui,”kata Syahrun

Pejabat Kantor Pertahanan Kaltim, Brigjen TNI Rukman Akhmad menuturkan Kantor Pertahanan merupakan lembaga vertikal yakni merupakan perpanjangan tangan Kementerian Pertahanan RI di daerah.

“Ini kunjungan kali kedua, dan responnya sangat baik. Sebab bagaimanapun ini menyangkut tentang bagaimana membangun koordinasi antara pusat dan daerah dalam rangka menciptakan lingkungan yang kondusif,”tutur Rukman didampingi Tim Kemhan Kolonel Werdi Widodo, Kolonel Budi Rachmadani, dan lainnya.

Rukman menambahkan adapun UU tentang pembentukan Kantor Pertahanan di daerah sudah ada, namun tinggal menunggu peraturan turunannya yakni tingkat Kementerian Pertahanan RI. Sehingga diharapkan tahun depan sudah memiliki kantor sendiri.

Dengan adanya kantor sendiri diharapkan mampu bekerja maksimal terutama dalam mewujudkan Kaltim aman, damai, dan sejahtera bersama-sama kepala daerah dan DPRD.(Humas DPRD Kaltim/adv)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016