Penajam (ANTARA Kaltim) -  Pameran produk teknologi pertanian dan usaha kecil menengah dalam rangkaian Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan ke-9 Kaltim di Penajam Paser Utara ditargetkan mampu meraih transaksi hingga Rp4 miliar.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Rusli, di Penajam, Jumat, mengatakan pameran yang berlangsung 10 hingga 14 Mei 2016 itu diikuti sekitar 150 peserta dari berbagai daerah di Kaltim.

"Mereka berasal dari Penajam Paser Utara dan kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. Setiap peserta pameran dikenakan biaya Rp500 ribu hingga Rp3 juta disesuaikan jenis barang dagangan dan ditargetkan transaksi bisa mencapai Rp3 miliar sampai Rp4 miliar," kata Rusli.

Ia menjelaskan, tidak hanya menampilkan aneka produk UKM, namun juga dipamerkan sejumlah teknologi pertanian, perikanan dan peternakan dari masing-masing peserta Pekan Daerah KTNA, seperti alat penumbuk padi dan mesin tanam.

Selain ajang promosi, pameran yang digelar di Desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, Penajam, itu, diharapkan menjadi ajang pembelajaran dan komunikasi antarpeserta Pekan Daerah KTNA se-Kaltim.

"Kegiatan pameran sebagai sarana informasi dan promosi berbagai produk UKM dan produk khas daerah di Kalimantan Timur," ujarnya.

Rusli berharap ada peningkatan pendapatan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya di Kecamatan Babulu, dari pelaksanaan Pekan Daerah KTNA dan pameran produk UKM tersebut. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016